Kemenkes: Waspada Kasus Dengue dari Dampak El Nino

- 12 Juni 2023, 21:28 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi dalam peringatan ASEAN Dengue Day 2023 di Jakarta, Senin 12 Juni 2023.
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi dalam peringatan ASEAN Dengue Day 2023 di Jakarta, Senin 12 Juni 2023. / ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti/

GALAMEDIANEWS - Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan kenaikan kasus dengue dari dampak El Nino yang bisa memicu kenaikan kasus dengue di Indonesia. Imbauan tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dilaporkan Antara, Senin 12 Juni 2023, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi dalam peringatan ASEAN Dengue Day 2023 di Jakarta mengatakan, dengan adanya El Nino, ditakutkan kejadian dengue meningkat.

Oleh karenanya, Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mengingatkan seluruh pemerintah daerah.

"Kita khawatir akan ada lonjakan kasus," ujarnya.

Baca Juga: Aturan Memakai Masker Dicabut, Hand Sanitizer Tetap Disarankan

El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan terjadinya kekeringan. Kekeringan akibat El Nino ditakutkan dapat menyebabkan air-air yang ada di dalam penampungan atau genangan jadi tak tergantikan. Hal itu bisa menyebabkan breeding place atau tempat nyamuk Aedes aegypti, nyamuk penyebab dengue berkembang biak.

Menurut Imran, berdasarkan kajian Kemenkes, frekuensi nyamuk untuk menggigit bisa meningkat tiga sampai lima kali lebih tinggi apabila suhu di suatu negara semakin naik, di atas 35 derajat Celcius.

Imran menyatakan, El Nino memang merupakan siklus. Kemenkes sudah sejak awal tahun menyampaikan kepada dinas kesehatan daerah supaya mewaspadai lonjakan kasus dengue.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah