Jelang Idul Adha 2023, DKPP Jabar Sebar 90 Ribu Vaksin Anti Cacar Sapi

- 17 Juni 2023, 12:47 WIB
Ilustrasi. Jelang Idul Adha 2023, DKPP Jabar Sebar 90 Ribu Vaksin Anti Cacar Sapi.
Ilustrasi. Jelang Idul Adha 2023, DKPP Jabar Sebar 90 Ribu Vaksin Anti Cacar Sapi. /Dok. Pemprov Jateng/

GALAMEDIANEWS - Menjelang tibanya Hari Raya Idul Adha 2023, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar menyebar sebanyak 90 ribu vaksin anti cacar sapi atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Puluhan ribu vaksin anti cacar sapi itu disebar ke 27 kabupaten dan kota. Langkah tersebut dilakukan untuk menekankan kenaikan kasus cacar sapi menjelang Idul Adha 2023.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar, Supriyanto menjelaskan, pemberian vaksin dilakukan agar kesehatan hewan ternak dalam hal ini kurban tetap aman untuk masyarakat.

Baca Juga: EIGER Buka Lowongan Kerja, Syarat Minimal Lulusan SMA

"Vaksin untuk LSD sudah kita sebar ada sekitar 90 ribu dosis ke seluruh Jawa Barat. Jadi tidak perlu khawatir karena ini tidak akan menular ke manusia hanya jijik saja dilihatnya," tuturnya, Sabtu, 17 Juni 2023.

Supriyanti memastikan, LSD pada sapi tidak separah kasus Penyakit mulut dan kuku (PMK). Cacar sapi, uajr dia, tidak menular dan menimbulkan kematian. Adapun penyakit ini juga bisa ditangani dengan pemberian vaksin.

"Itu juga tidak menimbulkan kematian pada hewan ternak. Dan bisa disembuhkan. Temen-temen petugas sudah paham apa yang harus dilakukan jika timbul gejala-gejala LSD," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x