Syekh Yusuf Ulama dan Panglima Perang Dua Negara, JK: Indonesia Ucapkan Terima Kasih

- 20 Agustus 2020, 14:55 WIB
/



GALAMEDIA - Syekh Yusuf merupakan ulama sekaligus panglima perang dua negara yakni Indonesia dan Afrika Selatan. Karenanya dua negara tersebut yang sangat berterima kasih kepada Syekh Yusuf.

“Syekh Yusuf adalah ulama sekaligus panglima perang pada saat itu,” kata Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 sekaligus Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Bapak DR (HC) H Muh Jusuf Kalla (JK), melalui webinar internasional virtual dengan tema Ketajaman Mata Pena Syekh Yusuf Al-Makassary, Kamis, 20 Agustus 2020.

Di Indonesia sendiri, hampir semua daerah mengucapkan terimakasih atas perjuangan Syekh Yusuf dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Baca Juga: Sejumlah Pemain Persib dan Prawira Bandung Adu Taktik di Siliwangi Indoor

“Melalui webinar ini, kita ingin mengembalikan semangat juang beliau, meskipun kita sekarang ini dilanda musibah. Pak Gubernur, Pak Bupati Gowa, dengan hormat saya membuka acara ini dengan harapan kita bisa kembalikan semangat berdakwah kita semua,” katanya seperti dilansirkan Antara.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat Prof Dr H Din Syamsuddin MA menjelaskan bagaimana perjuangan Syekh Yusuf menyebarkan agama Islam di Pulau Sumbawa dan Ternate.

“Karena dimanapun beliau mendarat, selalu mengajarkan dan berdakwah. Beliau selalu memberikan manfaat bagi daerah dimana beliau berada. Dan cukup banyak ulama dari Gowa, Makassar yang melakukan ekspansi ke Kesultanan Sumbawa dan Bima,” ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x