Peringatan Dini BMKG; Waspadai Cuaca Buruk dan Potensi Hujan Lebat yang Akan Terjadi Hari Ini di Jawa Barat

- 18 Juni 2023, 14:19 WIB
Ilustrasi: Cuaca hari ini, Hujan lebat berpotensi turun di beberapa wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi: Cuaca hari ini, Hujan lebat berpotensi turun di beberapa wilayah Jawa Barat. /Pixabay @AveCalvar/

GALAMEDIANEWS - Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di wilayah Jawa Barat hari ini, Minggu 18 Juni 2023. Potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang perlu diwaspadai.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini prakiraan cuaca untuk seluruh wilayah Indonesia melalui situs resminya www.bmkg.go.id pagi tadi.

Wilayah Jawa Barat, akan berpotensi turun hujan yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang dengan skala lokal berdurasi singkat. Pada waktu siang menjelang sore hingga malam hari.

Beberapa daerah yang tercatat diantaranya; Banten (kabupaten Lebak bagian timur), sebagian wilayah Kota Depok, Bogor (Kabupaten dan Kota), Sukabumi (Kabupaten dan Kota), Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Bekasi (Kabupaten dan Kota), Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Bandung (Kabupaten dan Kota), Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, Tasikmalaya (Kabupaten dan Kota), Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: GEMPA Terkini Sukabumi Jawa Barat, Daryono BMKG Sebut Gempa Tektonik Kekuatan 5.1 Terasa Hingga Bandung

Sebelumnya BMKG juga merilis berita gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, berkekuatan 2,5 Magnitudo dengan kedalaman 8Km, berpusat di 7Km Barat Laut Kabupaten Cianjur, pada Sabtu, 17 Juni 2023, pukul 01:24 WIB.

Hal ini perlu diwaspadai, sebagai antisipasi dini masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat, pada risiko yang akan ditimbulkan dari bencana alam dan cuaca ekstrim yang diperkirakan akan terjadi.

BMKG menjelaskan dalam postingan di media sosialnya @infobmkg bahwa 28% wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau.

Baca Juga: UPDATE Gempa Terkini Tasikmalaya Jawa Barat, Begini Penjelasan Resmi BMKG Soal Gempa Barusan

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah