Pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani Sampaikan Dua Pesan Damai

- 18 Juni 2023, 23:10 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya (paling kanan), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kedua kiri), serta Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (paling kiri) dalam konferensi pers di Plataran H
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya (paling kanan), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kedua kiri), serta Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (paling kiri) dalam konferensi pers di Plataran H /

GALAMEDIANEWS - Ada optimisme yang berkembang bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung damai dan saling menghormati antara para kandidat dan pendukungnya, terutama untuk kandidat calon presiden dan wakil presiden.

Puan Maharani, ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono, atau AHY, ketua umum Partai Demokrat, di Jakarta pada hari Minggu,18 Juni 2023 dan tampaknya pertemuan itu bukan hanya pertemuan strategi sesaat untuk menyepakati taktik pemenangan calon presiden dan wakil presiden dan bagi kedua partai untuk memenangkan suara di parlemen.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya bertemu dengan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto untuk mempersiapkan pertemuan antara Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani. Hal ini menunjukkan bahwa pertemuan antara Ketua DPR dan AHY sarat akan makna dan harapan.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Tetapkan Hari Raya Idul Adha Kamis 29 Juni 2023, Ada Perbedaan Lagi dengan Muhammadiyah

Pertemuan kedua tokoh politik Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani ini setidaknya membawa dua pesan besar yang dapat dirunut dari nilai inti persaudaraan, yaitu bahwa politik harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan bersama bangsa dan negara.

Pesan pertama, Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani adalah tokoh muda. Oleh karena itu, pertemuan mereka setidaknya membawa ajakan bagi anak-anak muda bangsa untuk selalu bersatu, meski berbeda pilihan politik.

Menjelang Pemilu 2024, kedua partai telah memilih koalisinya masing-masing. Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendukung calon gubernur Anies Baswedan, sementara PDI-Perjuangan berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk mendukung calon gubernur Ganjar Pranowo.

Menjelang Pemilu 2024, media sosial biasanya penuh dengan konten yang menyerukan untuk memilih calon presiden atau wakil presiden yang didukung. Terkadang, ajakan tersebut dibumbui dengan konten yang menjelek-jelekkan pihak lawan, meskipun konten tersebut adalah fitnah atau hoax.

Menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2022, penetrasi internet di kalangan anak muda melebihi 90 persen. Artinya, generasi muda kini menguasai media internet, terutama media sosial.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x