Bedi Budiman Sentil Rocky Gerung yang Sebut Pancasila Bukan Ideologi: Dialog Dulu dengan Yudi Latif

- 19 Juni 2023, 21:02 WIB
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman./istimewa
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman./istimewa /

GALAMEDIANEWS - Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman mengungkap dua dimensi yang dimiliki oleh Pancasila.

Dimensi pertama, Pancasila merupakan Meja Statis atau perekat dari keseluruhan diskursus pemikiran dan keyakinan yang hidup di Indonesia.

Sementara dimensi kedua, Pancasila juga sebagai Leitsar Dinamis atau bintang pemimpin yang berfungsi sebagai penuntun arah atau titik tuju dari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Permanenkan WFA, ASN Bisa Kerja dari Mana Saja

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Indonesia vs Argentina GRATIS, Babak Kedua Sedang Berlangsung

Hal itu diutarakan Bedi menjawab pertanyaan siswa peserta diskusi peringatan harlah Pancasila di DPRD Jabar, Kamis, 14 Juni 2023 lalu. Diskusi dihadiri sejumlah siswa, guru, mahasiswa, dosen dan kepala desa.

Pada acara diskusi tersebut, seorang siswa SMAN 24 Bandung, Fahriyani Abdurahman menanyakan terkait Pancasila Sakral atau Profan, Pancasila Ideologi atau Falsafah?

Bedi pun menanggapi pertanyaan substansial itu dengan mengutip pernyataan dari pengamat politik Rocky Gerung yang menyebut bahwa Pancasila bukan Ideologi.

Dalam sebuah pernyataan, Rocky memandang hal itu merujuk pada isi pidato Soekarno 1 Juni 1945 yang tidak menyebut bahwa Pancasila sebagai Ideologi, melainkan Philosophische Grondslag (falsafah dasar).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x