Jawa Barat Menuju Provinsi Bebas Kasus Rabies

- 26 Juni 2023, 16:50 WIB
Ketua Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Jabar, Yudi Koharudin (tengah) dan Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan DKPP Jabar, Yoni Darmawan (kanan), di acara Gaspol PWI Pokja Gedung Sate, Senin, 26 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews
Ketua Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Jabar, Yudi Koharudin (tengah) dan Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan DKPP Jabar, Yoni Darmawan (kanan), di acara Gaspol PWI Pokja Gedung Sate, Senin, 26 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Jawa Barat tengah dalam proses menuju provinsi yang bebas kasus rabies pada hewan. Kasus positif terakhir terjadi pada hewan di tahun 2016 silam.

Deklarasi sebagai provinsi bebas kasus rabies pun segera dilakukan oleh Jawa Barat. Hal itu disampaikan Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Yoni Darmawan.

"Untuk Rabies sendiri Alhamdulillah sudah tidak ada, terakhir itu tahun 2016 itu memang terindikasi positif di anjing," kata Yoni, pada acara diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) PWI Pokja Gedung Sate dengan tema 'Hewan Kurban Sehat, Masyarakat Rasakan Manfaat', di Hotel Citarum, Senin, 26 Juni 2023.

Baca Juga: Heryanto Tanaka Penyuap Hakim Agung Divonis 6,5 Tahun Penjara

Baca Juga: Tips Aman Bagikan Daging Kurban, DKPP Jabar: Jangan Pakai Besek Bambu

Yoni mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya bakal menggelar deklarasi mandiri mengingat sudah tiga tahun lamanya tidak ada kasus rabies pada hewan di Jabar.

"Karena untuk deklarasi bahwa satu provinsi itu bebas rabies harus dari Kementerian Pertanian, jadi kami mau self declare bahwa sudah tiga tahun lebih tidak ada kasus rabies pada hewan jadi kabupaten/kota juga semangat sebantar lagi bebas rabies," tutur Yoni.

Diungkapkannya, tahun ini pihaknya sudah menganggarkan sekitar 50.000 dosis vaksin rabies. Jumlah tersebut belum termasuk untuk yang di kabupaten/kota.

"Biasanya untuk beberapa kabupaten/kota yang dia pernah ada kasus Rabies contoh seperti Cianjur, Garut itu pasti mereka menganggarkan untuk vaksin rabies," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x