Patung Soekarno Setinggi 22,3 Meter Segera Hadir di GOR Saparua Bandung

- 28 Juni 2023, 20:34 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto di area GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu, 28 Juni 2023./Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto di area GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu, 28 Juni 2023./Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/ /

GALAMEDIANEWS - Patung Presiden Soekarno setinggi 22,3 meter segera hadir di area GOR Saparua, Kota Bandung. Patung tersebut saat ini sedang dibuat oleh seorang seniman asal Yogyakarta.

Patung Soekarno itu menjadi bagian dari Monumen Plaza Soekarno di area GOR Saparua. Pembangunan Monumen Plaza Soekarno yang pembiayaannya datang dari swadaya masyarakat (non APBD dan APBN), akan berjalan selama 3-4 bulan.

Monumen tersebut hadir dari hasil aspirasi masyarakat dan telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama sejarawan, budayawan Sunda, seniman pematung, dan aktivis kebangsaan.

Baca Juga: Apakah Ada Demon Slayer Season 3 Episode 12? Usai Swordsmith Village Ini Dia Arc yang Bakal Hadir

Saat ini, patung setinggi 22,3 meter sedang dibuat Dunadi, seniman asal Yogyakarta, dan akan dikirim ke Bandung begitu selesai tiga sampai empat bulan dari sekarang.

Hari ini, Rabu, 28 Juni 2023, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Soekarno bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto.

"Alhamdulillah di hari ini kita memulai pengerjaan Monumen Plaza Soekarno atau Bung Karno yang datang dari aspirasi masyarakat sehingga pembiayaannya datang dari masyarakat. Total pembiayaannya Rp15 miliar hasil gotong royong masyarakat pengusaha yang mencintai Bung Karno," ujar Ridwan Kamil.

"Mudahan-mudahan dalam tiga sampai empat bulan akan selesai. Hari ini diwakili oleh Pak Hasto mungkin di saat peresmian, keluarga datang langsung Ibu Megawati bisa berkenan hadir," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap Bawang, Cocok untuk Hidangan Idul Adha!

Kawasan Nusantara

Mantan Wali Kota Bandung itu menyebut, area GOR Saparua dipilih karena berada di kawasan Nusantara. Menurutnya, area GOR Saparua dikelilingi oleh nama jalan yang mewakili pulau di Indonesia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x