Film TVRI, Jejak Langkah Bung Karno; Ingenieur, Raden Soekarno Ditayangkan 2 Kali Hari Ini

- 20 Juni 2023, 20:19 WIB
Film Jejak Langkah Bung Karno; Ingeunier, Raden Soekarno. / Instagram @itblibrary
Film Jejak Langkah Bung Karno; Ingeunier, Raden Soekarno. / Instagram @itblibrary /

GALAMEDIANEWS - Jejak Langkah Bung Karno: Ingenieur, Raden Soekarno, adalah film produksi TVRI Nasional bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan ITB, yang mengisahkan perjuangan Pendidikan Ir. Sukarno dalam meneguhkan semangat anti kolonialisme.

Peran UPT Perpustakaan ITB dalam film dokumenter ini yaitu sebagai tempat riset awal dan referensi terkait Sukarno selama menjalani kuliah di THS Bandung.

Film ini tayang perdana di layar televisi TVRI Nasional, pada Selasa, 20 Juni 2023 pada pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB.

Baca Juga: Usulan Libur 3 Hari Idul Adha 2023, untuk Menambah Kualitas Waktu Keluarga

Berikut jejak Langkah Sukarno selama menempuh perjalanan politiknya di Bandung, dilansir dari Youtube PRMN, Lorong Waktu Jejak Sukarno di Kota Bandung.

Sukarno muda datang ke Bandung pada tahun 1921 untuk menempuh Pendidikan Teknik Sipil di kampus Technische Hoogeschool te Bandoeng (ITS), sekarang Institut Teknologi Bandung (ITB).

H.O.S Cokroaminoto, guru sekaligus ayah dari Utari, istrinya saat itu menitipkan Sukarno di rumah kerabatnya Hj. Sanusi, di Jalan kebon Jati Bandung.

Dalam perjalanan pendidikannya di ITS, Cokroaminoto, yang saat itu menjabat ketua Partai Syarikat Islam, ditangkap dan dipenjara di Surabaya. Sebagai murid dan menantu, Sukarno merasa bertanggung jawab atas kehidupan Oetari dan keluarga gurunya itu. Maka beliau memutuskan untuk cuti dari kampusnya kembali ke Surabaya untuk menjadi tulang punggung keluarga.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x