Ridwan Kamil Pastikan Tak Ada APBN-APBD dalam Pembangunan Patung Soekarno di GOR Saparua

- 28 Juni 2023, 20:52 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Soekarno bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto di area GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu, 28 Juni 2023./Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Soekarno bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto di area GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu, 28 Juni 2023./Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/ /

GALAMEDIANEWS - Pembangunan Patung Presiden Soekarno setinggi 22,3 meter mulai dilakukan. Patung ini akan menjadi bagian dari Monumen Plaza Soekarno yang berada di area GOR Saparua Bandung.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memastikan pembangunan Monumen Plaza Soekarno itu tidak menggunakan dana dari APBN dan APBD. Pembangunan proyek yang akan selesai 3-4 bulan ke depan itu mengandalkan pembiayaan dari swadaya masyarakat.

"Alhamdulillah di hari ini kita memulai pengerjaan Monumen Plaza Soekarno atau Bung Karno yang datang dari aspirasi masyarakat sehingga pembiayaannya datang dari masyarakat. Total pembiayaannya Rp 15 miliar hasil gotong royong masyarakat pengusaha yang mencintai Bung Karno," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Patung Soekarno Setinggi 22,3 Meter Segera Hadir di GOR Saparua Bandung

Baca Juga: LINK DOWNLOAD MP3 Takbiran Idul Adha 2023 Gratis Lengkap dengan Lafadz Takbiran dalam Tulisan Latin

Hal itu disampaikannya di sela peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Soekarno bersama perwakilan keluarga Bung Karno, Hasto Kristiyanto, Rabu, 28 Juni 2023.

"Mudahan-mudahan dalam tiga sampai empat bulan akan selesai. Hari ini diwakili oleh Pak Hasto mungkin di saat peresmian, keluarga datang langsung Ibu Megawati bisa berkenan hadir," harapnya.

Seniman Yogyakarta

Patung Soekarno yang akan menjadi bagian dari Monumen Plaza Soekarno, dibuat oleh seorang seniman asal Yogyakarta bernama Dunadi. Patung akan dikirim ke Bandung begitu selesai tiga sampai empat bulan dari sekarang.

Monumen Plaza Soekarno sendiri hadir dari hasil aspirasi masyarakat dan telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama sejarawan, budayawan Sunda, seniman pematung, dan aktivis kebangsaan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x