Diskominfotik KBB Catat Ada 5 Berita Hoax Penipuan Bawa Nama Hingga Foto Pejabat 

- 3 Juli 2023, 15:05 WIB
Diskominfotik Kabupaten Bandung Barat./Deni Supriatna/Galamedianews/
Diskominfotik Kabupaten Bandung Barat./Deni Supriatna/Galamedianews/ /
 
GALAMEDIANEWS - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bandung Barat (Diskominfotik KBB) mencatat ada lima berita hoax dalam kurun waktu enam bulan dari awal Januari hingga Juli 2023. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Diskominfotik KBB, Taufik Kurnaefhi yang mengatakan bahwa dalam kurun waktu enam bulan ada lima berita hoax yang diterima di Diskominfotik. 

 
"Dalam kurun waktu enam bulan ini ada sekitar 5 berita hoax yang kami terima, yang salah satunya terkait Camat dan anggota Dewan DPRD KBB," ujar Taufik Kurnaefhi saat ditemui diruanganya pada Senin, 3 Juli 2023. 
 
 
Menurut Efhi, lima berita tersebut terkait modus penipuan menggunakan nomor telepon yang mengaku-ngaku sebagai pejabat. 
 
"Jadi, kebanyakan informasi yang diterima di Diskominfotik KBB itu berita penipuan menggunakan nomor telepon dan foto profil pejabat," ucap Efhi. 
 
Oleh karenanya, kata Efhi, Diskominfotik KBB melakukan langkah-langkah dengan langsung menyebarkan informasi kepada masyarakat bahwa berita tersebut merupakan hoax atau tidak benar. 

Selain itu, Efhi menegaskan, Diskominfotik KBB telah bekerjasama menggandeng Jabar siber hoax, hal tersebut upaya mencegah penebaran berita hoax khususnya di Bandung Barat.

 
"Kita dari Diskominfotik KBB sudah bekerjasama dengan Jabar siber hoax, dan kita pun Juga saat ini memperbanyak menyampaikan informasikan melalui media sosial KBB siber hoax kepada masyarakat," tutur Efhi. 
 
Selanjutnya, Efhi menyebutkan, Diskominfotik KBB terus berupaya melakukan kegiatan pelatihan bimbingan teknis (Bimtek). 
 
"Kita juga paparkan kepada masyarakat dalam kegiatan Bimtek, agar masyarakat bijak dalam mendapatkan informasi yang valid (benar),"kata Efhi. 
 
Disinggung mengenai arahan Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan agar Diskominfotik KBB tanggap dalam penanganan berita hoax menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan kepala desa (Pilkades), Efhi menjelaskan, pihaknya akan menjalankan sesuai perintah dengan tanggap dalam konfirmasi kepihak terkait.
 

"Minimal kita cepat konfirmasi, intinya arahan dari Bupati diharapkan agar Diskominfotik KBB tanggap dengan adanya berita hoax terkait jelang Pilkades agar tidak saling menjatuhkan satu sama lainnya," ucap Efhi menegaskan. 

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengintruksikan kepada Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bandung Barat (Diskominfotik KBB) untuk memonitor media sosial dalam mencegah maraknya berita hoax. 
 
"Saya telah meminta Diskominfotik KBB jika ada berita hoax beredar untuk segera ditindaklanjuti dan diklarifikasi maksimal 6 jam," kata Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan pada Rabu, 28 Juni 2023.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x