Abdoel Moeis, Sosok Penting Dibalik Sastra Indonesia

- 4 Juli 2023, 15:15 WIB
Abdoel Moeis sosok penting dibalik sastra Indonesia/kemdikbud.go.id
Abdoel Moeis sosok penting dibalik sastra Indonesia/kemdikbud.go.id /

GALAMEDIANEWS - Abdoel Moeis sosok penting dibalik sastra Indonesia. Simak siapa sosok abdoel Moeis dalam artikel ini.

Hari Sastra Indonesia, yang jatuh pada tanggal 3 Juli setiap tahunnya, dipilih oleh panitia kecil pembentukan Hari Sastra Indonesia, untuk menghormati dan memperingati hari lahir Abdoel Moeis.

Sejarah sastra Indonesia, mencatat, Abdoel Moeis adalah seorang sastrawan bergelar Soetan Penghoeloe. Beliau lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 3 Juli 1886 dan meninggal dunia pada 17 Juni 1959 di Bandung.

Baca Juga: 5 WNI Berhasil Dievakuasi dari Zona Konflik di Sudan

Pengarang novel Salah Asuhan (1928) yang terkenal ini tercatat sebagai anggota Serikat Islam pimpinan Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Dia dipercaya untuk menjadi pemimpin redaksi surat kabar Kaum Muda, terbitan Serikat Islam di Bandung.

Melalui surat kabar tersebut, Abdoel Moeis banyak menulis tentang gerakan untuk memperoleh otonomi yang lebih luas bagi Hindia Belanda, dengan nama pena “A.M”.

Karena kepiawaiannya dalam menulis dan tergabung sebagai anggota delegasi "Comite Indie Weerbaar" (Panitia Pertahanan Hindia), Abdoel Moeis diberi kesempatan untuk berkunjung ke negeri Belanda pada tahun 1917.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x