Hanya 15 Menit Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

- 17 Juli 2023, 09:52 WIB
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Melalui HP./ Instagram BPJS Ketenagakerjaan
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Melalui HP./ Instagram BPJS Ketenagakerjaan /

GALAMEDIANEWS – Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mudah dalam berbagai cara. Selain secara offline, tetapi juga bisa dengan cara online. Hanya 15 menit yang Anda butuhkan melalui gadget atau HP dengan mengunduh aplikasi JMO. Aplikasi JMO sendiri bisa diunduh melalui App Store untuk pengguna IOS, maupun Play Store untuk Android.

 

Platform JMO sendiri memiliki banyak fitur yang tersedia, mulai dari cek saldo hingga pencairan. Ada 4 program yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun bagi seluruh tenaga kerja beserta keluarganya. Namun dari keempat program tersebut, hanya program Jaminan Hari Tua (JHT) saja yang dapat dicairkan oleh peserta.

BPJS Ketenagakerjaan menargetkan sebanyak 12,5 juta pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) bisa terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) di 2026. Adapun saat ini jumlah pekerja BPU atau informal yang sudah terlindungi Jamsostek telah mencapai 6,5 juta.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menjelaskan bahwa dengan target tersebut sebanyak 25% BPU nantinya akan terlindungi Jamsostek. "Kalau kita bicara jumlah informal itu dari 100 juta itu 50 juta (pekerja). Berarti kurang lebih 12,5 juta yang harus kita cover untuk pekerja informal," ucap Anggoro dalam Launching Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa BPJS Ketenagakerjaan Kamis, 6 Juni 2023 lalu.

Anggoro menjelaskan, untuk mengejar target tersebut pihaknya akan menyasar desa-desa di Indonesia. Sebab saat ini pekerja BPU paling banyak terdapat di pedesaan. Untuk itu diperlukan edukasi agar mereka selaku pekerja BPU bersedia mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Yang penting setelah mendaftar mereka malanjutkan kepesertaannya. Banyak dari mereka mendaftar baru tiga bulan lalu berhenti kepesertaannya. Mungkin karena lupa," lanjut Anggoro.

Simak Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Melalui HP

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: bpjsketenagakerjaan.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x