Penganut Penghayat di Desa Cibedug Maknai Tahun Baru Saka 1 Sura 1957 Untuk Harmonisasi Hidup Berbangsa

- 27 Juli 2023, 15:18 WIB
Pemangku adat, umat penghayat dan warga sekitar rayakan tahun baru Saka 1 Sura di desa Cibedug, Cikole Lembang./Veronika Galamedianews
Pemangku adat, umat penghayat dan warga sekitar rayakan tahun baru Saka 1 Sura di desa Cibedug, Cikole Lembang./Veronika Galamedianews /

 

GALAMEDIANEWS - Menurut penanggalan nenek moyang, tahun baru Saka Indonesia jatuh pada tanggal 20 Juli 2023.

Tahun baru Saka 1 Sura 1957 memiliki makna dan prediksi yang akan terjadi di tahun mendatang.

Umat penganut Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Penghayat) merayakan tahun baru Saka dengan adat dan tradisinya masing-masing.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Cianjur

Umat Penghayat yang berdomisili di desa Cibedug, Cikole Lembang misalnya, mereka merayakan tahun baru Saka pada tanggal 25 -26 Juli 2023 dalam penanggalan konvensional romawi. Dimana tahun baru Saka 1 Sura 1957 jatuh pada tanggal 20 Juli 2023.

Ditemui di Pasewakan Saka Binangun, desa Cibedug, Cikole Lembang, Indra Anggara, seorang penghayat warga asli desa Cibedug menjelaskan arti dan pemaknaan penanggalan tahun baru Saka 1 Sura 1957 tahun ini.

Indra menuturkan, sejatinya perayaan tahun baru Saka 1 Sura ini hendaknya juga menjadi perayaan bagi penduduk bangsa Indonesia lainnya. Karena penanggalan tahun baru Saka adalah warisan pengetahuan leluhur dalam hal astrologi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x