Makna dan Filosofi Pawai Obor Tradisi Masyarakat Bandung Sambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah

- 15 Juli 2023, 10:51 WIB
pawai obor merupakan salah satu tradisi untuk menyambut tahun baru islam 
pawai obor merupakan salah satu tradisi untuk menyambut tahun baru islam  /Instagram @polman_update/

 

GALAMEDIANEWS- Sebentar lagi, umat muslim akan merayakan perayaan Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram 1445 Hijriah.

Perayaan tersebut menjadi momen spesial bagi warga muslim khususnya warga muslim yang ada di Bandung.

Banyak masyarakat yang menyambut Tahun Baru Islam ini dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan melakukan Pawai Obor.

Pawai Obor biasanya dilakukan oleh masyarakat Bandung untuk menyambut Tahun Baru Islam. Dimana pawai tersebut dilakukan dengan pawai dari satu titik menuju lapangan luas yang dilakukan oleh para santri yang ada di Bandung.

Konon katanya, Pawai Obor tersebut sudah ada sejak zaman dulu. Dan sampai saat ini, tradisi tersebut masih terus dilakukan secara turun temurun.

Baca Juga: Tahun Baru Islam: Begini Tradisi 1 Muharram atau Malam 1 Suro di Masyarakat Jawa dan Sunda

Obor tersebut terbuat dari bambu yang diisi dengan gulungan kain perca yang dilumuri dengan minyak tanah, kemudian dibakar hingga obor tersebut bisa nyala dengan lama sepanjang jalan.

Biasanya pawai ini diiringi rebana atau alat music lainnya agar suasana pada ketika melakukan pawai menjadi lebih seru dan berkesan. Selain itu, sepanjang jalan para peserta dari pawai ini mengumandangkan sholawat maupun kalimat-kalimat thayyibah atau pupujian kepada Allah.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x