Fenomena Supermoon 1 Agustus 2023, Bulan Purnama di Posisi Terdekat dengan Bumi

- 31 Juli 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi pemandangan supermoon, kondisi di mana bulan berada di jarak terdekat dengan bumi./ PEXELS / Francesco Ungaro
Ilustrasi pemandangan supermoon, kondisi di mana bulan berada di jarak terdekat dengan bumi./ PEXELS / Francesco Ungaro /

GALAMEDIANEWS - Akan terjadi fenomena Supermoon, di mana bulan bisa terpantau lebih besar dan lebih terang dari biasanya, pada 1 Agustus 2023.

Dilansir dari earth.com, Supermoon 1 Agustus 2023 berada di puncaknya pada pukul 18:32 zona waktu GMT.

Fenomena supermoon yang akan terjadi pada 1 Agustus 2023 ini merupakan fenomena ketika posisi orbit bulan purnama berada paling dekat dengan bumi.

Baca Juga: DAFTAR Wakil Indonesia yang Akan Berlaga di Australia Open 2023

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar dan Terang

Jika diamati dari bumi, bulan supermoon cenderung terlihat lebih besar dan lebih terang dibandingkan dengan bulan purnama pada waktu biasa, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar.

Meskipun bulan purnama supermoon ini terlihat lebih terang dan lebih dekat dari biasanya, perbedaannya tidak bisa mudah dilihat dengan mata telanjang. Cuaca mendung juga bisa menutupi pemandangan supermoon dari dataran bumi.

Menurut sumber space.com, bulan purnama akan tampak 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dari biasanya, dan perbedaan tersebut tidak cukup dilihat dengan mata telanjang.

"Tidak mudah diperhatikan, kecuali Anda adalah pengamat bulan yang sangat berhati-hati," kata editor senior majalah Sky & Telescope Alan MacRobert dalam sebuah pernyataan tahun 2016.

Baca Juga: Pemkab Bandung Merasa Difitnah, Penyebar Isu Gratifikasi Revitalisasi Pasar Banjaran Bakal Dilaporkan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x