Muda-mudi Cisaro Tasikmalaya Gelar Drama Perjuangan Proklamasi

- 27 Agustus 2020, 11:41 WIB
 Muda - mudi Cisaro, Desa Cipakat, Kabupaten Tasikmalaya, gelar drama perjuangan proklamasi negara Republik Indonesia dalam perayaan HUT RI ke 75. (Septian Danardi).
Muda - mudi Cisaro, Desa Cipakat, Kabupaten Tasikmalaya, gelar drama perjuangan proklamasi negara Republik Indonesia dalam perayaan HUT RI ke 75. (Septian Danardi). /

GALAMEDIA - Sejumlah muda-mudi Cisaro, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, semarakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia, dengan menggelar drama perjuangan proklamasi negara Republik Indonesia.

Dalam lakon drama pada panggung yang digelar di tanah lapang Kampung Cisaro RT 01 RW 06 tersebut, diperankan banyaknya keterlibatan para aktivis, pemuda serta para pejuang bahu-membahu mempersiapkan semua keperluan untuk pembacaan teks proklamasi yang akan dibacakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada kala itu.

"Drama Proklamasi ini menggali sejarah bagaimana proklamasi kala itu di buat agar generasi muda memahaminya, jangan hanya mengenal nama pahlawan saja, tetapi juga sejarahnya perlu tahu," kata ketua Karang Taruna Bina Usaha Cisaro, Eri Maulana, usai pergelaran drama, Kamis 27 Agustus 2020.

Baca Juga: Cek Rekening Anda! Jokowi Sudah Gelontorkan Bantuan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Per Bulan

Dikatakannya, pentas karya seni ini dipersiapkan para pemuda selain untuk mengarahkan pada kratifitas positif juga lebih cenderung mengajak pemuda untuk mengetahui proses dalam menuju kemerdekaan itu sendiri.

Dalam hal ini, kata Eri, pemuda dulu banyak yang terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan. Sehingga pada era ini, pemuda dituntut untuk terjun dalam membangun masa depan bangsa yang lebih maju.

"Berharap ada kredit poin bagi muda-mudi yang terlibat dalam drama proklamasi yang mampu membangkitkan nilai Nasionalisme ini. Selain bisa mengajak pemuda atau remaja lebih kreatif dalam hal positif juga tentu bagi mereka sendiri akan lebih inovatif," ujarnya.

Baca Juga: Rolls-Royce Ghost akan Menghantui Dunia Pada 1 September Mendatang

Sementara itu, Eri memandang yang memiliki ide menampilkan drama seperti ini sangat cerdas. Sehingga peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kampung Cisaro tidak hanya bersifat seremonial saja dan kedepan bisa di pertahankan bahkan dikembangkan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x