Politikus PDIP: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi Seiring Meningkatnya Literasi Masyarakat

- 11 Agustus 2023, 20:43 WIB
Politikus PDIP menyebut elektabilitas Ganjar yang tinggi seiring meningkatnya literasi politik masyarakat
Politikus PDIP menyebut elektabilitas Ganjar yang tinggi seiring meningkatnya literasi politik masyarakat / Instagram @ganjar_pranowo/


GALAMEDIANEWS - Elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo unggul seiring meningkatnya literasi politik masyarakat. Pernyataan tersebut diungkapkan Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno.

Menurut Hendrawan, dengan literasi politik masyarakat yang tinggi, upaya untuk lebih mengenal latar belakang dari sosok Gubernur Jawa Tengah meningkat. Alhasil, masyarakat akan melacak track record Ganjar dengan kredibilitas yang disebut Hendrawan masih baik.

“Apabila kesadaran sejarah membaik, orang paham latar belakang calon bagus, Ganjar akan unggul. Dia (Ganjar) rapornya masih bagus," ucap Hendrawan sebagaimana dilansir dari Antara.

Pernyataan Hendrawan tersebut dikatakannya sebagai respons atas hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli nama bakal Capres pada Pemilu 2024 lainnya.

Baca Juga: Adu Kekayaan Ganjar Pranowo vs Anies Baswedan, Siapakah Bacapres 2024 yang Paling Sultan?

Yang terbaru, data dari Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) yang menunjukkan persentase elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 33,5 persen di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Angka tersebut sekaligus mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Menurut Direktur SSC Mochtar W. Oetomo, presentase elektabilitas Ganjar yang tinggi di Jatim, selain karena parpol pengusungnya PDIP, juga disebabkan oleh kuatnya persepsi masyarakat terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah itu yang dianggap sebagai tokoh tepat untuk melanjutkan program yang telah disusun Presiden Joko Widodo.

Survei SSC tersebut dilaksanakan sejak 25 Juli sampai 3 Agustus 2023, di 38 kabupaten dan kota se-Jatim. Dengan mengambil sampel 1.200 responden menggunakan metode stratified multistage random sampling, yang memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Hendrawan menambahkan, relawan dan partai politik koalisi pendukung Ganjar yang terdiri dari PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura semakin solid memenangkan figur berambut putih itu pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Barat Terus Melesat

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x