Inilah Pakaian Adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan

- 17 Agustus 2023, 07:41 WIB
Presiden Jokowi sesaat sebelum menyampaikan pidato kenegaraan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023
Presiden Jokowi sesaat sebelum menyampaikan pidato kenegaraan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023 /Humas Setkab/Rahmat /

GALAMEDIANEWS – Pada hari Rabu, tanggal 16 Agustus 2023, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, dijadwalkan akan menyampaikan pidato penting yang akan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna yang berada di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, yang terletak di kompleks Senayan, Jakarta, pada pagi hari.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan pada pukul 08.30 WIB. Dalam momen tersebut, tampak bahwa Presiden dan Ibu Negara mengenakan busana khas dari budaya Indonesia.

Jokowi memilih mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku, sementara Ibu Negara tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna kuning. 

Tak asing bagi masyarakat Indonesia, Presiden Jokowi seringkali mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dan daerah di Indonesia dalam berbagai acara kenegaraan.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo, 16 Agustus 2023, Berikut Jadwal Lengkapnya

Pada Sidang Tahunan MPR tahun 2017, contohnya, Jokowi tampil mengenakan pakaian adat Bugis yang meliputi songkok Bugis berwarna emas serta sarung songket dengan nuansa oranye dan merah marun. Di peringatan HUT RI ke-73 di Istana Negara pada tahun 2018, Jokowi memilih pakaian adat Aceh. 

Tidak hanya itu, Jokowi juga telah mengenakan berbagai pakaian adat lainnya, seperti pakaian adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat yang ia kenakan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Bersama DPR-DPD pada Agustus 2019.

Pakaian adat berwarna cokelat dengan aksen hitam, emas, dan oranye ini dipadukan dengan keris yang dikenakan di bagian depan pakaian. Pada tahun 2020, Jokowi tampil dalam pakaian adat Suku Sabu dari Nusa Tenggara Timur ketika menghadiri Sidang Tahunan MPR RI.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-17, Pemkab Bandung Siapkan Akomodasi dan Paket Wisata, Kadisbudpar: Tunggu List Peserta

Sementara pada tahun 2021, beliau memilih pakaian adat Suku Baduy yang berasal dari Banten, dan pada tahun 2022, pilihan jatuh pada baju adat Paksian dari Bangka Belitung. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x