Polusi udara di Jakarta Makin Buruk?

- 22 Agustus 2023, 21:59 WIB
Polusi Udara Jakarta
Polusi Udara Jakarta /Instagram @polusiudarajakartaburuk/

GALAMEDIANEWS - Warga Jakarta ngerasa nggak sih kalau polusi di Jakarta makin parah? Media sosial tengah diramaikan dengan kondisi udara di Jakarta yang kian memburuk. Berdasarkan laporan World Air Quality Report dari IQAir, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara dengan kualitas udara terburuk se-Asia Tenggara.

Kondisi ini pun mengkhawatirkan warga Jakarta dan sekitarnya, yang kesehatannya terancam karena dapat menyebabkan katarak, asma, radang, dan kanker paru-paru, serta penyakit lainnya. Kira- kira polusi bisa parah begini karena apa ya?

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengatakan bahwa sumber polutan SO2 terbesar berasal dari sektor industri, yaitu 61,96%. Sedangkan, sumber polutan lainnya berasal dari sektor transportasi. Jika melansir dari greenpeace, penyebab buruknya kualitas udara di Jakarta adalah asap batu bara sekitar 1/50 polusi tersebut berasal dari pembakaran batu bara.

Baca Juga: 4 Resiko Penyakit Akibat Polusi Udara, Waspada Kanker hingga Kesehatan Mental

FYI, Jakarta diapit oleh 8 PLTU batu bara dalam radius 100 km, ditambah lagi dikelilingi oleh 118 fasilitas industri.

Lalu solusinya apa?

Menanggapi hal ini presiden Jokowi mengatakan bahwa kondisi polusi Jakarta yang buruk sudah terjadi bertahun-tahun. Menurutnya salah satu solusinya adalah mengurangi beban Jakarta, yaitu dengan melakukan pemindahan ibu kota ke IKN.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa solusi lainnya adalah dengan memperbanyak moda transportasi massal, seperti MRT dan LRT, termasuk penggunaan kendaraam listrik. Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya mengambil langkah pendek hingga panjang untuk memerangi polusi udara di Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: 10 Kota Paling Berpolusi di Indonesia: Berdasarkan Indeks Kualitas Udara (AQI) dan Polusi Udara PM2.5

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: TikTok @bigalphaid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x