Ini Dia Alokasi Terbanyak Formasi PPPK dan CPNS Tahun 2023

- 24 Agustus 2023, 09:05 WIB
Ilustrasi tes CPNS 2023./kitalulus.com
Ilustrasi tes CPNS 2023./kitalulus.com /

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Indonesia kembali memberikan peluang emas bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung dalam sektor pelayanan publik melalui pembukaan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023.

Dilansir dari situs resmi BKN, total formasi yang dibuka untuk seleksi CASN tahun 2023 adalah sebanyak 572.496 formasi, dengan alokasi formasi terbanyak yaitu untuk formasi PPPK yakni sebesar 543.593 formasi. Sedangkan untuk kebutuhan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dialokasikan sebesar 28.903 formasi.

Baca Juga: Lewat Aplikasi Campaign, Yuk Dukung Akses Air Bersih hingga Listrik di Pelosok Indonesia

Dari total 543.593 formasi PPPK, 493.634 diperuntukkan untuk Instansi Pemerintah Daerah (Pemda), sedangkan 49.959 formasi untuk Instansi Pemerintah Pusat.

Plt. Kepala BKN Haryono Dwi Putranto menyampaikan, mekanisme pengadaan ASN 2023 ditetapkan sesuai dengan kebutuhan kelompok jabatan ASN, yakni jabatan fungsional dan pelaksana.

Jabatan fungsional ditetapkan sesuai dengan jumlah pegawai yang akan pensiun. Sementara untuk kelompok jabatan pelaksana (administrasi) selain disesuaikan dengan proyeksi pensiun pegawai juga menyesuaikan dengan kebutuhan SDM yang bisa digantikan dengan proses digitalisasi.

Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Formasi PPPK pada seleksi CASN 2023 didominasi oleh tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Hal ini sejalan dengan target pemerintah yang memprioritaskan sektor kesehatan dan pendidikan. Sementara kebutuhan PNS dialokasikan untuk jabatan-jabatan fungsional atau keahlian lainnya sesuai dengan kebutuhan instansi.

Baca Juga: Pemprov Jabar Raih Penghargaan Pembangunan Kepemudaan dari Kemenpora

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas administrasi kepegawaian negara telah mengumumkan pembukaan formasi PPPK dan CPNS tahun 2023.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bkn.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x