BLT Pegawai Bergaji Rp 5 Juta Baru Tersalurkan Rp 2,98 Triliun, September Bisa Tuntas Semua?

- 28 Agustus 2020, 17:18 WIB
Ilustrasi pencairan dana BLT Pekerja sebesar 600 Ribu*/Pixabay.com
Ilustrasi pencairan dana BLT Pekerja sebesar 600 Ribu*/Pixabay.com /


GALAMEDIA - Realisasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta baru sebesar 7,9 persen dari pagu sebesar Rp37,8 triliun.

Hal ini mengindikasikan pemerintah baru mengucurkan sebesar Rp2,98 triliun.

"Targetnya 15,7 juta pekerja. Dana akan ditransfer langsung ke penerima," kata Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam video conference, Jumat 28 Agustus 2020.

Ia optimistis penyaluran bisa dilakukan dengan cepat. Untuk tahap pertama, Budi bilang pemerintah sudah memberikan BLT kepada 2,5 juta pekerja.

Baca Juga: Ngaku Harus Dirawat, Shinzo Abe Minta Maaf Sisakan 1 Tahun di Masa Jabatannya

"Masing-masing sudah dapat Rp1,2 juta," imbuh Budi.

Budi menjelaskan pekerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan. Namun, penyalurannya akan dilakukan dua tahap, di mana per tahapnya diberikan Rp1,2 juta.

Dengan demikian, masing-masing pekerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta. Budi berharap seluruh bantuan bisa diberikan maksimal pada September 2020.

"Kami melihat bisa disalurkan dengan cepat, Agustus dan September 2020 ini," terang dia.

Baca Juga: Bikin Kaget, Mahfud MD Ditunjuk Jadi Mendagri Ad Interim, Gimana Nasib Pak Tito?

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru meresmikan peluncuran BLT untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta pada Kamis 27 Agustus 2020. Pemerintah mulai memberikan bantuan kepada 2,5 juta pekerja.

"Ini yang kami luncurkan hari ini 2,5 juta. Kami harapkan nanti pada September 2020 selesai 15,7 juta pekerja. Semuanya diberikan," kata Jokowi.

Ini artinya, masih ada pekerja yang belum mendapatkan BLT. Jika dihitung, pemerintah belum menyalurkan BLT kepada sisa target penerima yang sebanyak 13,2 juta orang.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Rendahnya 'Nongrongtivitas' Masyarakat Berpengaruh Negatif Terhadap Ekonomi

Sementara, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengungkapkan pemerintah akan menyalurkan bantuan secara bertahap. Pasalnya, belum semua data terverifikasi.

Sejauh ini, Ida bilang BPJS Ketenagakerjaan baru berhasil mengumpulkan rekening calon penerima BLT sebanyak 13,8 juta orang. Jumlahnya baru sebesar 88 persen dari target yang mencapai 15,7 juta orang.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x