Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Bertemu untuk MembahasPembangunan Ekonomi Kedua Negara

- 6 September 2023, 21:42 WIB
Jokowi Memberikan Sambutan kepada PM Timor Leste
Jokowi Memberikan Sambutan kepada PM Timor Leste /Muchlis Jr / BPMI Setpres/

GALAMEDIANEWS – Jakarta (ANTARA), Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Xanana Gusmao melakukan pertemuan untuk berdiskusi membahas pembangunan ekonomi dan perbatasan kedua negara.

Presiden Indonesia Jokowi dan PM Timor Leste Xanana Gusmao melakukan pertemuan resmi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, membahas pembangunan ekonomi kedua negara dan penyelesaian batas darat kedua negara. 

“Bapak Presiden menyampaikan diharapkan akhir tahun ini batas darat dapat diselesaikan, dan kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kerja sama ekonomi terutama di daerah perbatasan penting untuk ditingkatkan,” kata Kementerian Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan bilateralnya dengan PM Timor Leste, pada keterangan resminya dari Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin malam.

Baca Juga: LRT Jabodebek Banyak Keluhan Masyarakat, Jokowi: Jangan Membully Produk Kita Sendiri

Kata Menlu Retno, PM Xanana mengapresiasi Indonesia yang menjadi sumber perdamaian dunia. "PM Xanana Gusmao mengatakan bahwa Indonesia merupakan center gravity of a peace dan juga merupakan effective voice dari perdamaian,".

Sebagaimana yang diterbitkan di ANTARA sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pertemuannya dengan PM Timor Leste di Istana Merdeka, Senin, menjelaskan bahwa Indonesia selalu mendukung proses keanggotaan Timor Leste di ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara)."Indonesia selalu mendukung dan aplikasi keanggotaan Timor Leste dan implementasi roadmap (peta jalan) keanggotaan, termasuk melalui peningkatan kapasitas pejabat Timor Leste," menurut Presiden Jokowi saat pertemuan resminya dengan Perdana Menteri Timor Leste.

Jokowi memberitahukan bahwa Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga mitra kedua negara harus dipererat. Presiden RI juga mengatakan selamat atas pelantikan Xanana Gusmao sebagai PM Timor Leste pada tanggal 1 Juli 2023."Selamat datang di Jakarta serta selamat atas pelantikan yang mulia. Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga kemitraan kita harus semakin dipererat," kata Jokowi.

Pertemuan resmi antara Jokowi dan Xanana dilakukan saat penyelenggaraan KTT ASEAN pada hari 5-7 September 2023. Timor Leste telah menerima secara prinsip sebagai anggota ke-11 ASEAN dalam Konferensi tingkat tinggi di Phnom Penh, Kamboja pada tahun lalu. 

Baca Juga: Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana Pernah Jadi Kapoltabes Surakarta pada Masa Jokowi Walikota

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x