Update Kebakaran Museum Nasional : Nasib Artefak yang Baru Dibawa dari Belanda Dipastikan Aman

- 17 September 2023, 14:28 WIB
Kondisi Artefak Museum Nasional
Kondisi Artefak Museum Nasional /Instagram Museum Nasional Indonesia/

 

GALAMEDIANEWS – Kebakaran yang terjadi di Museum Nasional pada hari Sabtu 16 September 2023 tentunya membuat khawatir beberapa pihak. Hal itu disebabkan banyak ya benda-benda bersejarah yang tersimpan di dalam Museum Nasional tersebut.

Warganet pun mengkhawatirkan kondisi artefak yang baru saja dipulangkan dari Belanda. Pasalnya Artefak tersebut disimpan di Museum Nasional dan butuh upaya yang cukup panjang dan lama untuk proses pemulangannya.

Dari pihak Museum Nasional pun angkat bicara terkait insiden kebakaran tersebut. Pengelola Museum menjamin bahwa artefak dan koleksi repatriasi dipastikan aman.

“Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran,” ujar Pihak Museum Nasional di akun Twitter yang di tulis pada hari Minggu, 17 September 2023.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran Museum Nasional, Sekuriti Dengar Ledakan Besar Akibat Korsleting

Seperti yang diketahui bahwa area Museum Nasional yang terbakar adalah area Gedung A. Kebakaran yang terjadi di Gedung A berhasil dipadamkan oleh pihak pemadam kebakaran pada pukul 21.37 WIB.

Pengelola pun memastikan bahwa benda koleksi termasuk hasil repatriasi dari Belanda yang berada di Museum Nasional tetap aman.

“Area yang terdampak di bagian belakang gedung A tidak menyebar luas, sehingga ruangan lain di Gedung A, Gedung B, Gedung C berserta isinya dipastikan aman,” Ujar Ahmad Mahendra selaku Kepada Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah