Atasi Mata Minus Dengan Beberapa Cara Secara alami! Tanpa Operasi Mata

- 21 September 2023, 14:56 WIB
Ilustrasi atasi mata minus dengan beberapa cara secara alami
Ilustrasi atasi mata minus dengan beberapa cara secara alami /Pixabay @karya/

 

 
 
GALAMEDIANEWS - Mata minus biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor, baik dari faktor genetik, penggunaan elektronik, dan faktor lainnya. Sebagian orang mungkin ada yang sampai merogoh kocek demi mendapatkan perawatan mata minus, seperti operasi.
 
Miopia atau rabun jauh merupakan sebuah kondisi di mana penderitanya tidak bisa melihat objek dalam jarak jauh, tapi bisa melihat objek yang jaraknya dekat. Ini disebabkan oleh kelainan pada refraksi mata sehingga objek yang jaraknya jauh tidak bisa terlihat jelas, cara alami mengobati mata minus sebenarnya tidak ada, tapi beberapa tindakan dapat dilakukan sebagai pencegahannya.
 
Akan tetapi, mata minus juga dapat disembuhkan secara alami dan cepat loh. Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara mengurangi mata minus secara alami untuk menjaga kesehatan mata.
 
 
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, sebagai berikut:
 
a. Ketika bangun tidur, cobalah untuk melihat sebuah objek yang jaraknya jauh. Lakukan hal ini selama 5 sampai 10 menit untuk meningkatkan fokus pada penglihatan. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya bersama peregangan tubuh untuk membuat aliran darah tetap lancar.
 
b. Rajin melakukan olahraga mata. Caranya adalah menggerakkan bola mata ke atas dan searah jarum jam lalu sebaliknya. Lakukan 5 kali dalam sehari.
 
c. Melakukan pijat mata yang dilakukan dari pelipis, Anda bisa melakukannya dengan 20 kali gerakan yang berputar searah dengan jarum jam. Lalu 20 kali gerakan yang berlawanan arah dengan jarum jam. Kemudian, pindahkan jari ke tengah alis lalu gerakan memutar lagi, terakhir adalah menempatkan jari di bawah mata. Pijat daerah ini dengan cara lembut.
 
d. Letakkan pulpen di depan mata yang jaraknya sekitar 30 cm. Mulailah fokus terhadap pulpen tersebut, gerakkan pulpen sampai mencapai jarak 10 cm, kemudian kembalikan ke jarak 30 cm. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali.
 
 
e. Jika mata lelah, letakkan potongan mentimun sambil berbaring di tempat nyaman, Ini dapat mengembalikan kesegaran mata. Lakukan selama 5 sampai 10 menit saja.
 
Jangan terlalu lama berada di depan layar gadget atau membaca buku dengan posisi yang terlalu dekat, apalagi di tempat yang gelap. Ambil istirahat atau jeda ketika harus bekerja di depan layar komputer maupun laptop.
 
"Meningkatkan durasi untuk melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan,"
 

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

 
1.Buah bit
 
Buah bit dipercaya, sebagai salah satu cara mengurangi mata minus. Blender buah bit dengan tambahan, belimbing atau wortel untuk mendapatkan manfaat yang lebih manjur.
 
2. Daun sirih
 
Cara mengurangi mata minus dengan daun sirih, bisa menjadi solusi yang dapat dicoba. Daun sirih memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mengurangi mata minus. Caranya, siapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci hingga bersih.
 
Setelah itu, tempelkan daun sirih yang sudah dicuci tersebut pada mata sebelum tidur dan lepaskan di esok harinya.
 
 
3. Wortel
 
Mungkin sudah tidak asing lagi mengapa wortel menjadi salah satu tumbuhan sayur yang banyak khasiatnya untuk kesehatan, salah satunya mengurangi mata minus. Wortel diketahui mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A.
 
Sebagaimana diketahui, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, terutama menyembuhkan mata minus. Jika ingin mengurangi mata minus secara alami tanpa efek samping, cobalah untuk mengonsumsi dua gelas jus wortel sehari selama satu bulan.
 
4. Lidah buaya
 
Selain wortel, cara menyembuhkan mata minus berikutnya adalah mengonsumsi lidah buaya. Lidah buaya diklaim memiliki kandungan gizi yang dapat mengurangi mata minus dengan cepat. Rutinlah minum jus lidah buaya dalam satu minggu dan rasakan khasiatnya.***
 

Editor: Lina Lutan

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x