Pemprov Jabar Ngutang Rp 4 Triliun untuk Pulihkan Ekonomi

- 7 September 2020, 19:01 WIB
Ilustrasi pinjaman dana.
Ilustrasi pinjaman dana. /Pixabay/Mudassar Iqbal/

GALAMEDIA - Pemprov Jabar akan melakukan pinjaman daerah sebesar Rp 4 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Dana tersebut akan digunakan Pemprov Jabar dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pinjaman sudah mendapat rekomendasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI.

Pinjaman tersebut akan masuk dalam anggaran perubahan 2020. Nantinya, di dalam APBD Perubahan tersebut akan ada nomenklatur baru yang berlangsung selama 10 tahun.

Baca Juga: Anjay Mendadak Jadi Viral Lagi Gara-gara Postingan Ridwan Kamil

"Total pinjaman Rp 4 triliun," ujar Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady, Senin, 7 September 2020.

"Adapun rinciannya, Rp 1,9 triliun untuk di APBD Perubahan tahun 2020 dan sebesar Rp 2,1 triliun untuk APBD Murni tahun 2021," sambung dia.

Daddy menjadi salah satu perwakilan Badan Anggaran DPRD Jabar yang bertemu Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020 lalu. Ia mengetahui betul bagaimana skema pemberian utang dan pembayarannya.

Baca Juga: Iuran BPJS Ketenagakerjaan Turun Mulai September 2020

Menurut Daddy, pinjaman tersebut interest ratenya (suku bunga) yaitu nol persen dengan tenor atau jangka waktu selama 10 tahun.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x