Saingi Brompton, Sepeda Kreuz Jadi Motor Penggerak Industri Sepeda Nasional

- 8 September 2020, 18:19 WIB
Presiden Jokowi dan Sepeda Kreuz.
Presiden Jokowi dan Sepeda Kreuz. /instagram @Kreuz.Indonesia dan @Jokowi

GALAMEDIA - Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan daya saing industri sepeda di dalam negeri.

Salah satu langkah strategis yang sedang didorong adalah penerapan sistem manajemen mutu dan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI).

"Upaya tersebut tertuang di dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan SNI Sepeda Roda Dua Secara Wajib," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi di Jakarta, Selasa, 8 September 2020.

Menurut Doddy, Permenperin 30/2018 bertujuan untuk mengantisipasi serbuan impor sepeda. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan perlindungan terhadap industri nasional melalui penciptaan persaingan usaha yang sehat.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Puan Maharani Tak Layak Mendapat Cibiran, Tapi...

"Dalam implementasinya, penerapan sistem manajemen mutu adalah syarat untuk memperoleh SPPT SNI," jelasnya.

Doddy mengemukakan, dua unit litbang di bawah binaannya yang berlokasi di Bandung, yakni Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) serta Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) saat ini tengah bekerja.

Mereka memfasilitasi PT. Kreuz Indonesia terkait bimbingan teknik penerapan sistem manajemen mutu dan pelayanan SPPT SNI.

PT. Kreuz Indonesia merupakan salah satu produsen sepeda nasional yang mulai berkembang seiring terjadinya peningkatan order dari pasar domestik. Produk mereka bahkan menjadi saingan Brompton, sepeda asal Inggris.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x