Deforestasi Global Terus Meningkat Ancam Target Pengurangan 2030, Tantangan Deforestasi Indonesia

- 24 Oktober 2023, 07:39 WIB
 Foto Hutan tropis Indonesia Mengalami Deforestasi Besar Besaran dengan Konsesi Kebun Sawit dan Penebangan Hutan
Foto Hutan tropis Indonesia Mengalami Deforestasi Besar Besaran dengan Konsesi Kebun Sawit dan Penebangan Hutan /Ulet Ifansasti/Greenpeace/

 

GALAMEDIANEWS - Deforestasi global terus meningkat, menunjukkan bahwa komitmen global untuk menghentikan deforestasi pada tahun 2030 semakin terancam. Pada tahun 2022, deforestasi meningkat sebesar 4% dibandingkan dengan tahun 2021, menghancurkan sekitar 66.000 kilometer persegi (25.000 mil persegi) hutan, seperti yang dilaporkan oleh koalisi organisasi lingkungan dalam laporan tahunan Forest Declaration Assessment. Ini berarti dunia kini terpaut sekitar 21% dari target mengakhiri deforestasi pada tahun 2030.

Lebih dari 140 negara, yang mewakili sebagian besar hutan di dunia, telah berkomitmen di Konferensi Iklim PBB di Glasgow tahun 2021 untuk menghentikan dan membalikkan kerugian dan degradasi hutan pada akhir dekade ini. Namun, laporan ini memperingatkan bahwa kenyataannya adalah sebaliknya.

Erin Matson, seorang konsultan senior dari kelompok lingkungan Climate Focus, menyatakan, "Hutan-hutan dunia berada dalam krisis. Kesempatan untuk membuat kemajuan sedang berlalu begitu saja."

Baca Juga: Gerakan Pepeling Kolaborasi Dispora dan KNPI Kota Bandung Bentuk Satgas Pelajar Peduli Lingkungan

Laporan ini disusun oleh sejumlah organisasi masyarakat sipil dan penelitian yang mengevaluasi kemajuan terhadap komitmen untuk mengakhiri deforestasi pada tahun 2030. Ini mencakup komitmen Glasgow dan New York Declaration on Forests tahun 2014, yang melibatkan sejumlah negara dan puluhan perusahaan terbesar di dunia dalam komitmen serupa.

 

Deforestasi Indonesia

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan hutan tropis terbesar di dunia, juga ikut berkontribusi dalam masalah deforestasi global. Negara ini menghadapi tekanan besar terutama dari sektor perkebunan kelapa sawit dan kayu. Deforestasi di Indonesia tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga memengaruhi komitmen global untuk mengurangi emisi karbon.

Indonesia telah membuat berbagai upaya untuk mengatasi deforestasi, termasuk moratorium penebangan hutan dan komitmen untuk mengurangi emisi karbon. Namun, tantangan besar masih ada, dan upaya lebih lanjut diperlukan untuk mencapai target pengurangan deforestasi.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi Indonesia adalah perlindungan hutan yang kaya akan biodiversitasinya. Hutan-hutan ini merupakan rumah bagi banyak spesies unik dan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem global.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x