Polri dan Kemenkes Mengirim Bantuan Indonesia 26,5 Ton Untuk Warga Palestina

- 6 November 2023, 15:03 WIB
Presiden Jokowi melepaskan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Gaza. / Instagram @jokowi
Presiden Jokowi melepaskan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Gaza. / Instagram @jokowi /



GALAMEDIANEWS - Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Polri ) dan kementrian kesehatan turut mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza, adapun bantuan yang dikirimkan oleh Polri untuk Gaza yaitu sebanyak 26,5 ton dari 51,5 ton bantuan Pemerintah Indonesia untuk warga Gaza. Malam ini 5 November 2023

Dilepas oleh Presiden bantuan kemanusiaan Pemerintahan Indonesia untuk warga Palestina di Gaza dari total 51,6 ton barang yang dikirimkan Pemerintahan indonesia sebanyak 26,5 ton dan diantaranya pengirimannya dikelola Polri, ujar kadiv Hubinter Irjen Krisna Mukti usai pelepasan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, pada Minggu 5 November 2023.

"Bantuan yang dikelola Mabes Polri 26,5 ton dikirim menggunakan pesawat carteran yang disiapkan khusus Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo, penerbangan khusu Pesawat Komersial Airbus A-330-900 yang terbang terbang menuju Mesir nanti petugasnya dipimpin saya," ujar Krishna.

Baca Juga: Koridor Evakuasi Warga Jalur Gaza yang diserukan Israel Hanya Kebohongan Belaka

Terdapat tujuh orang dari polri yang akan turut berangkat mengantarkan bantuan tersebut, bantuan itu sendiri terdiri dari Polri tenda peleton 100 buah, alat kesehatan, obat - obatan 6 ton, jaket 1.000 buah, selimut 1.000 buah 20,5 ton.

"Polri pun akan terus berkontribusi untuk mendukung kebijakan Pemerintahan Rakyat Indonesia pada misi Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina," ujarnya

Tujuh ton peralatan kesehatan itu yang berisi perlengkapan darurat untuk bedah minor dan obat obatan dasar seperti ISPA, minyak kulit, diare, dan sebagainya. Selin itu bantuan juga berisi air bersih, penyulingan air bersih, dalam kesempatan bersamaan penjelasan Kepala Pusat Krisis Kemenkes Sumarjaya di Terminal Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang Banten pada malam Minggu 5 November 2023.

"Kemenkes juga mengatakan akan mengirimkan bantuan medis khususnya untuk peralatan rumah sakit di Gaza, dan nantinya alat - alat medis untuk rumah sakit kira - kira bantuan mengirimkan selanjutnya" ujar Sumarjaya.

Sebelumnya Presiden Republik indonesia Jokowi melepaskan bantuan kemanusiaan sebanyak 51,5 ton untuk Palestina pada hari ini Sabtu 4 November 2023, Jokowi juga mengatakan bantuan seberat 51,5 ton ogi terdiri atas tenda, barang logistik, selimut, makanan, dan alat medis, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Baca Juga: 16 SMA Terbaik di Yogyakarta yang Masuk TOP 1000 Nasional Berdasarkan Nilai UTBK Tertinggi

Jokowi menyampaikan bantuan ini merupakan tahap pertama yang berasal dari solidaritas bersama antaranya dunia usaha, pemerintahan, dan masyarakat, ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, hujdud keperdulian bangsa Indonesia tehadap kemanusiaan karena tragedi kemanusiaan yang berada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: pmj news


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x