Jenis Rudal 'Hammer' dari AS yang digunakan oleh Israel untuk Bombardir Jalur Gaza

- 8 November 2023, 17:52 WIB
GBU-31/32 Amunisi Serangan Langsung Gabungan (JDAM) MK84, Rudal yang digunakan Israel dalam pembantaian di Jalur Gaza Palestina
GBU-31/32 Amunisi Serangan Langsung Gabungan (JDAM) MK84, Rudal yang digunakan Israel dalam pembantaian di Jalur Gaza Palestina /Galeri / nationalmuseum AS/

GALAMEDIANEWS - Serangan bombardir Israel di Jalur Gaza telah menarik perhatian internasional karena penggunaan bom Amerika MK84, yang dikenal sebagai "Hammer." Senjata mematikan ini telah menimbulkan kekhawatiran mengenai dampaknya pada warga sipil dan infrastruktur Palestina.

Gambaran Umum Bom MK84

MK84, dengan berat sekitar 2.000 pon (sekitar 900 kilogram), adalah bom yang dipandu dengan hulu ledak eksplosif. Awalnya dirancang sebagai bom jatuh bebas yang tidak dipandu, bom ini adalah anggota terbesar dari seri Mark 80. Senjata kuat ini memiliki sejarah panjang penggunaan dalam berbagai konflik, termasuk perang Teluk dan Vietnam.

Baca Juga: Israel Kembali Tembaki Ambulans di Jalur Gaza, Palang Merah Internasional Mengecam Israel

Insiden Terbaru Menimbulkan Kecurigaan

Para ahli militer telah menunjukkan bahwa kekuatan hancur MK84 sangat jelas dalam julukannya, yaitu "Hammer." Ini dapat menyebabkan kerusakan besar ketika meledak, menciptakan kawah hingga 15 meter lebar dan lebih dari 10 meter dalam. Selain itu, bom ini dapat menembus logam hingga kedalaman sekitar 38 sentimeter dan sekitar 3 meter beton, menyebabkan kerusakan fatal dalam radius sekitar 73 meter.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: paltimepls


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x