Ini Dia 11 Fakta di Balik Tragedi 9/11, Salah Satunya Hampir 3000 Orang Tewas

- 11 September 2020, 08:38 WIB
Pesawat United Airlines penerbangan 175 menabrak gedung WTC di New York, Amerika Serikat, 11 September 2001 silam. (wikipedia.org)
Pesawat United Airlines penerbangan 175 menabrak gedung WTC di New York, Amerika Serikat, 11 September 2001 silam. (wikipedia.org) /



GALAMEDIA - Tanggal 11 September menjadi momen penting sekaligus menyakitkan bagi masyarakat Amerika Serikat khususnya Kota New York dan bahkan dunia. Sampai sekarang, tanggal 11 September selalu diperingati sebagai hari berkabung bagi masyarakat Amerika Serikat.

Sembilan belas tahun silam, tepatnya 11 September 2001, serangan terorisme paling mengerikan yang pernah terjadi di Amerika Serikat terjadi pada menara World Trade Center (WTC). Pertistiwa yang dikenal dengan serangan 9/11 tersebut, begitu membekas karena banyaknya korban jiwa.

Dikutip dari laman History.com, Pagi tanggal 11 September 2001, 19 pembajak dari kelompok militan Islam, Al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpang.

Baca Juga: Benarkah Kesabaran Itu Punya Batas? Ini Penjelasannya

Pertama pesawat Boeing-767 yang membawa bahan bakar 20 ribu galon, ditabrakkan ke bagian utara Menara Kembar WTC yang terletak di jantung kota New York.

Tak lama kemudian, pesawat Boeing-737 dari maskapai yang sama terbang menukik tajam ke bagian selatan gedung tersebut. Sebagian sisi gedung pun runtuh, orang-orang yang berada di dalamnya tewas.

Pembajak juga menabrakkan pesawat ketiga ke Pentagon di Arlington, Virginia. Ketika penumpang berusaha mengambil alih pesawat keempat, United Airlines Penerbangan 93, pesawat ini jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania dan gagal mencapai target aslinya di Washington, D.C.

Baca Juga: Unpad 63 Tahun, Gencarkan Kontribusi Global dan Nasional

Menurut laporan tim investigasi 9/11, sekitar 3.000 jiwa tewas dalam serangan ini. Sementara ada banyak yang mengalami cacat pada anggota tubuh. Untuk mengenang peristiwa mengerikan tersebut serta jasad mereka yang tewas, telah dibangun momumen 9/11 di bekas Menara Kembar WTC.

Tak hanya jumlah korban, ada sejumlah fakta lain terkait peristiwa 9/11 yang perlu Anda ketahui. Laman dosomething.org mencatat 11 fakta terkait peristiwa 9/11.

Apa saja? Berikut fakta-fakta tersebut:

1. Pada tanggal 11 September 2001, hampir 3.000 orang tewas, 400 adalah petugas polisi dan petugas pemadam kebakaran, dalam serangan teroris di TC di New York, di gedung Pentagon di Washington DC, dan dalam kecelakaan pesawat di dekat Shanksville, PA.

Baca Juga: Ini Dia Mobil Mungil yang Cocok untuk Generasi TikTok, Citroen Ami

2. WTC bukan pertama kali menjadi sasaran teroris. Selain peristiwa 9/11, pada Februari 1993 pernah terjadi ledakan bom di WTC yang menewaskan enam orang.

3. Pada setiap hari kerja sekitar 50.000 karyawan bekerja di menara kembar WTC dan ada sekutar 40.000 lainnya melewati kawasan ini.

4. Penyelamatan dan pemulihan 1,8 juta ton puing-puing dari WTC memakan waktu 9 bulan.

5. Penumpang United Flight 93, mendengar tentang serangan pesawat sebelumnya dan berusaha untuk merebut kembali kendali pesawat dari pembajak. Akibatnya, para pembajak menjatuhkan pesawat di lapangan Pennsylvania bukan di target yang tak diketahui hingga saat ini.

Baca Juga: Quran Surat An Nas, Asbabun Nuzul, Arab, Latin, dan Terjemahnya

6. Video serangan WTC langsung ditayangkan dan beredar dengan cepat. Namun tidak ada rekaman video serangan di Pentagon yang dirilis ke publik sampai tahun 2006.

7. Meskipun kedua polisi dan Departemen Pemadam Kebakaran New York City memiliki prosedur tanggap darurat mereka sendiri, namun departemen tersebut tidak memiliki rencana untuk dikoordinasikan atas insiden besar.

8. Tahun 2001, prosedur evakuasi wajib tim pemadam kebakaran New York untuk lantai yang dikelilingi api. Setelah pesawat menabrakkan diri di 1 gedung WTC. Sementara karyawan di gedung 2 diminta bertahan.

Baca Juga: Renungan Pagi, Fisik Kita Mencerminkan Batin Kita, Sebab Ekspresi Ketaatan Menunjukkan Kemarifatan

9. Peristiwa 9/11 merupakan serangan dari asing di Amerika yang memakan korban terbanyak.

10. Sebanyak 18 orang berhasil diselamatkan hidup-hidup dari reruntuhan situs World Trade Center.

11. Kasus stres pasca-trauma yang umum di antara 9/11 korban dan petugas penyelamat. Masalah pernapasan seperti asma dan radang paru-paru juga dikembangkan pada tingkat normal bagi mereka di dalam dan sekitar World Trade Center selama dan setelah serangan.

Itulah 11 fakta terakit peristiwa 9/11 yang sampai sekarang masih meninggalkan luka bagi masyarakat Amerika Serikat dan Kota New York.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x