Pasien Positif Covid-19 ASN Pemkot Bandung Terus Bertambah, Dinkes Terus Gencarkan Pemeriksaan

- 11 September 2020, 18:35 WIB
 Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat ditemui usai peluncuran Aplikasi Pasar Pintar di Taman Dewi Sartika, Jumat 11 September 2020.*
Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat ditemui usai peluncuran Aplikasi Pasar Pintar di Taman Dewi Sartika, Jumat 11 September 2020.* /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

GALAMEDIA - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Pemkot Bandung yang terpapar virus corona (Covid-19) terus bertambah. Ini seiring dengan gencaranya swab test massal Dinkes Kota Bandung.

"Pemkot Bandung saat ini terus melakukan tes masif kepada ASN di 62 OPD, terdiri dari 32 dinas/badan dan 30 kecamatan dan ditemukan 189 kasus positif," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jumat 11 September 2020.

Oded mengataan sebelumnya ada 117 ASN dan non ASN yang positif virus corona.

Baca Juga: KAMI Banyak Dimusuhi, Gatot Nurmantyo Klaim Punya Senjata untuk Tetap Bertahan

"Dari jumlah tersebut (189), 140 ber-KTP Bandung (sisanya luar Kota Bandung). Namun dari 140 hanya 48 orang yang terkonfirmasi betul-betul tinggal di Bandung," ujarnya.

Oded mengungkapkan ASN yang terkonfirmasi positif sudah mengisolasi diri secara mandiri. Sedangkan ASN yang lain telah diberlakukan WFH sejumlah 50 persen.

"Temuan kasus merupakan hasil pelacakan aktif disertai kemampuan lab dalam mendiagnosa. Kami punya fasilitas BSL-2 yang bisa bekerja secara cepat. Dinkes Kota Bandung sudah melakukan swab test sebanyak 22.928 pengetesan, atau 0,92 persen dari jumlah penduduk," tutur Oded.

Baca Juga: Puan Maharani Dituntut Mundur dari Jabatan Ketua DPR RI

Oded tidak ingin kejadian ini menjadi fenomena gunung es. Sehingga tes masif terhadap ASN dan non-ASN terus dilakukan.

Selain itu, menurutnya, setelah ASN dan non-ASN pihaknya akan melakukan tes masif terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bandung.

"Kami tidak ingin terjadi fenomena gunung es di Kota Bandung. Jadi, meskipun berkonsekuensi meningkatkan angka kasus, kami terus akan melakukan testing kepada penduduk," katanya.

Baca Juga: Jelang Penerapan PSBB Total, Pertambahan Pasien Positif Covid-19 di DKI Jakarta Masih Sangat Tinggi

"Untuk ASN ini kita targetkan sampai 3.100 pengetesan dan saat ini sudah 2.631 pengetesan. Setelah ASN, kami juga akan mengetes 7.300 tenaga kesehatan se-Kota Bandung," tutur Oded menambahkan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x