Anies Diklaim Punya Sikap Tenang, Pengamat Minta Track Record-nya

- 15 Desember 2023, 08:32 WIB
Anies Baswedan dalam Debat Capres Sesi Pertama
Anies Baswedan dalam Debat Capres Sesi Pertama /Liputan Siaran Debat Capres Sesi Pertama/

GALAMEDIANEWS - Hamdan Zoelva, Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan Muhaimin menyebut bahwa manajemen emosi penting bagi presiden saat memimpin negara. Menurutnya, Anies Baswedan menunjukkannya saat debat Capres perdana

"Saya kira presiden itu harus bisa mengendalikan emosi. Hal ini mengingat presiden akan memutuskan sesuatu yang berdampak pada kehidupan negara dan rakyatnya," tuturnya di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023.

Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) periode 2013-2015 ini pun menyebut bahwa tetap tenang Meskipun beberapa kali diserang oleh lawan debat yang tak terkait dengan gagasan-gagasannya serta visi dan misi.

Baca Juga: Anies Baswedan Jelaskan Akar Masalah Polusi Udara di Jakarta

Dalam debat tersebut, Capres Prabowo beberapa kali menyerangnya. Salah satunya Anies disebut mirip anak kecil karena tak bisa menerima keputusan MK terkait syarat pencalonan Cawapres. Anis tetap tersenyum manis dan tak tersulut emosi.

Serangan lainnya yaitu menyebut Anies tak akan terpilih menjadi Gubernur Jakarta bila demokrasi tak berjalan. Sebelumnya, Anies sebut demokrasi di Indonesia bermasalah. Anies tetap tenang dan tersulut emosi meskipun Prabowo berbicara dengan nada yang keras.

Sementara itu, pengamat politik Adhy Gunawan menyampaikan pandangan yang tak begitu sejalan. Menurutnya, ketenangan memang sangat penting ambil keputusan. Apalagi bagi pemimpin negara. Adhy tak menampik bahwa Anies memiliki sifat tersebut.

Namun, untuk menghasilkan keputusan yang baik membutuhkan lebih dari ketenangan. Adhy adalah kandidat S2 bidang hubungan internasional. 

Baca Juga: Anies Baswedan: IKN Pindah Ke Kalimantan Sama dengan Lari dari Masalah

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Wawancara Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x