Peraih Nobel Ekonomi: Bitcoin Tak Bermanfaat

- 6 Februari 2024, 12:08 WIB
Bitcoin dikritik keras dengan peraih nobel ekonomi ini./pixabay @TheDigitalArtist
Bitcoin dikritik keras dengan peraih nobel ekonomi ini./pixabay @TheDigitalArtist /

 

GALAMEDIANEWS – Bitcoin termasuk ke dalam salah satu jenis uang kripto yang begitu populer. Beberapa kalangan begitu meyakini bahwa Bitcoin dan cryptocurrency jenis lainnya akan sangat populer digunakan publik dunia pada masa mendatang.

Namun, ada juga beberapa kalangan yang membencinya. Joseph Stiglitz, peraih Nobel Ekonomi pada tahun 2001 ini, termasuk kalangan yang tak menyukai segala hal terkait uang kripto. Stiglitz menuturkan bahwa era yang kripto yang dipelopori dengan kemunculan BItcoin pada tahun 2009 mestilah dihentikan saat ini juga.

“Saya sesungguhnya berpikir bahwa kita seharusnya menghentikan uang kripto,” tuturnya dalam wawancara video yang berlangsung pada awal Mei 2019.

Baca Juga: MENYERAMKAN! 10 Rekomendasi Film Horor yang Tayang di Netflix, dari Perburuan Vampir hingga Kisah Penculikan!

Dalam pandangannya, uang kripto sangat tak transparan sehingga rentan akan menciptakan permasalahan baru Koin kripto memang dirancang agar identitas pemiliknya tak tertera pada blockchain sehingga tak dapat diketahui banyak orang.

Karena tak transparan, menurut pandangannya, dapat dimanfaatkan juga oleh para pelaku kejahatan pencucian uang dari berbagai negara.Ia pun tak segan menyebut lingkungan teknologi koin kripto sebagai platform gelap.

Stiglitz pun mengutarakan bahwa cryptocurrency sesungguhnya benar-benar tak layak juga memenuhi persyaratan menjadi mata uang. Baik secara lokal maupun global. Karenanya, setiap orang dimuka bumi in sesungguhnya sama sekali tak membutuhkannya.

Baca Juga: Transformasi Manajemen ASN: Menteri PANRB Mendorong Basarnas untuk Memperkuat Digitalisasi

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Cointelegraph


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x