Belum Paham Bitcoin? Ini 5 Hal yang Sering Ditanyakan

- 4 Februari 2024, 13:10 WIB
Logo Uang Kripto Bitcoin./pixabay @dapple-designers
Logo Uang Kripto Bitcoin./pixabay @dapple-designers /

GALAMEDIANEWS - Setelah kemunculan Bitcoin sebagai pelopor cryptocurrency uang kripto pada tahun 2009, banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang belum begitu mengenalnya saat ini. Sedangkan bagi sebagian generasi millenial, telah mengenal seluk beluknya.

Berikut beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan masyarakat umum terkait Bitcoin.

1. Apa Itu Bitcoin?

Secara mendasar, Bitcoin yaitu uang dalam bentuk digital. Dirancang agar berjalan di luar kendali negara. Menggunakan sistem blockchain yang dapat diibaratkan buku besar yang mencatat seluruh catatan transfer dari berbagai penjuru dunia. Selain Bitcoin, masih ada jenis uang kripto lainnya. Misalnya, DarkCoin atau LiteCoin.

Baca Juga: Hajatan Rakyat GBK 3 Februari Jadi Momentum Penting untuk Kemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

2. Bagaimana Membeli Bitcoin?

Seperti halnya menyimpan uang tunai, kita pun membutuhkan wallet (dompet) untuk menyimpan koin kripto.Wallet berisi dua hal penting. Pertama, private key yang hanya boleh diketahui oleh pemiliknya saja sehingga ibarat nomor PIN. Kedua, public address yang dapat diibarakan sebagai nomor rekening kita.

Wallet in dapat kita unduh dari situs Bitcoin.org atau situs lainnya yang terpercaya. Bila ingin memiliki koin kripto selain Bitcoin, plilihlah wallet yang dapat menyimpan jenis koin kripto yang kita gunakan. Setelah memilih dompet, kunjungi tempat jual beli.

3. Apakah Bitcoin Aman?

Bitcoin menggunakan sistem blockchain. Secara konseptual, blockchain dirancang agar data-datanya tak mudah dimanipulasi. Karenanya, cryptocurrency sesungguhnya aman dari tangan-tangah jahil. Namun, bila ditinjau dalam skala yang lebih besar, sesungguhnya aset koin kripto rawan dibobol sehingga kurang aman.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: digitaltrends.com cryptohack.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x