Bawaslu RI Ajak Media Berperan Aktif Ikut Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

- 9 Februari 2024, 18:25 WIB
Acara Bawaslu RI dengan tema 'Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Hasil Pemilu 2024', di Bandung, Jumat 9 Februari 2024./Lucky M Lukman/Galamedianews
Acara Bawaslu RI dengan tema 'Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Hasil Pemilu 2024', di Bandung, Jumat 9 Februari 2024./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Memasuki masa tenang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi bersama pemantau independen dan media.

Konsolidasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Biro Hukum dan Humas Bawaslu RI, Fadil Fitrah mengatakan, pihaknya mengajak pemantau independen dan media untuk bersama-sama ikut mencegah adanya ujaran kebencian, hingga hoaks dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Reza Rahadian Ingin Jadi Menteri, Kritisi Pembangunan Desa Tertinggal

"Konsolidasi ini dimaksudkan ingin meningkatkan kesadaran bahwa masyarakat itu merupakan pengawas partisipatif dan harus ikut serta mengawasi pemilu," tutur Fadil, dalam acara di kawasan Dago, Bandung, Jumat, 9 Februari 2024.

Khusus kepada media, ia berharap pemberitaan pada saat masa tenang hingga hari H dan pasca hari H pencoblosan, bisa lebih efektif untuk mencegah adanya ujaran kebencian, hoaks dan sebagainya.

"Yang jelas pemberitaan dari media itu dapat dipertanggungjawabkan. Itu harapan kami," lanjut Fadil.

Di tempat yang sama, peneliti hukum pidana pemilu Mestaku Nusantara Raya (Meswara), Mega Nugraha mengatakan, aturan yang berlaku melarang adanya segala aktivitas kampenye pada masa tenang.

Kegiatan kampanye yang dimaksud juga termasuk pemberitaan terkait para calon di media massa.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x