Akselerasi Layanan Publik di Bidang Sosial melalui Replikasi Inovasi

- 19 Februari 2024, 12:29 WIB
Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian PANRB Ajib Rakhmawanto dalam Rapat Koordinasi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Kemensos, di Jakarta./menpan.go.id/
Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian PANRB Ajib Rakhmawanto dalam Rapat Koordinasi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Kemensos, di Jakarta./menpan.go.id/ /

 

GALAMEDIANEWS - Pada tahun 2024 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyasar pada pengembangan inovasi melalui replikasi dan scaling up.

Berbagai pendampingan dan fasilitasi pun dilakukan Kementerian PANRB bagi instansi pemerintah sebagai upaya penguatan Inovasi secara berkelanjutan, salah satunya di lingkup Kementerian Sosial (Kemensos).

Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian PANRB Ajib Rakhmawanto menyampaikan Kementerian Sosial telah mendapatkan berbagai penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik sejak tahun 2014 hingga 2023.

Baca Juga: Menjadi Top Nasional, 4 SMA Terbaik di Kabupaten Pasuruan Ini Bisa Dijadikan Referensi PPDB 2024 di Jawa Timur

Melihat potensi ini Kementerian PANRB melakukan pendampingan dan fasilitasi dalam rangka mendorong percepatan replikasi inovasi di lingkungan satuan kerja Kementerian Sosial sebagai bagian dari peningkatan pelayanan publik.

“Kita ingin mendapatkan informasi terkait strategi pengelolaan inovasi di lingkungan Kementerian Sosial termasuk penciptaan inovasi, pengembangan inovasi, dan pelembagaan inovasi,” ujar Ajib dalam Rapat Koordinasi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Kemensos, di Jakarta.

Ajib menerangkan replikasi merupakan bagian dari aspek difusi inovasi yang bertujuan untuk menyebarkan inovasi ke unit atau instansi lainnya dalam rangka memperluas manfaat suatu inovasi dan memberikan dampak pada percepatan peningkatan pelayanan publik. Secara umum terdapat 3 bentuk dalam proses replikasi yaitu adopsi, adaptasi, dan modifikasi.

Baca Juga: PSG Kabarnya siapkan Marcus Rashford sebagai Suksesor Kylian Mbappe

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: KemenpanRB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x