Download Jadwal Imsakiyah Tangerang Selatan Ramadhan 2024 Resolusi Tinggi, Lengkap dengan Jadwal Azan Magrib

- 10 Maret 2024, 13:25 WIB
Itulah download jadwal Imsakiyah Tangerang Selatan Ramadhan 2024
Itulah download jadwal Imsakiyah Tangerang Selatan Ramadhan 2024 /Pexels/@Thirdman/

GALAMEDIANEWS – Sebentar lagi kita akan menunaikan ibadah Ramadhan yang mana diharuskan untuk berpuasa selama 30 hari. Puasa merupakan ibadah yang wajib untuk dilakukan setiap umat muslim di berbagai negara.

Awal puasa Ramadhan biasanya ditetapkan secara berbeda dan digunakan metode untuk memperkirakan kapan 1 Ramadhan. Hal ini selalu dilakukan oleh Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama hingga jemaah an-Nadzir.

Adapun biasanya jadwal imsakiyah dan berbuka berbeda setiap kota. Tapi, mayoritas di Indonesia memiliki durasi puasa selama 13 jam.

Menurut laman resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI, sidang isbat untuk puasa Ramadhan 2024, akan diadakan pada 10 Maret 2024, pukul 17.00 yang dilaksanakan di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang dibagi menjadi 3 tahap yakni pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H berdasarkan hasil hisab, menurut perhitungan astronomi.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadan 2024, Klik Link Live Streaming di Sini

Kedua, sidang isbat penetapan awal Ramadhan juga akan diadakan secara tertutup, yang biasanya diadakan salat Magrib. Sidang merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat nantinya yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Namun, berdasarkan kalander Hijriah yang telah diterbitkan oleh Kemenag, tercatat 1 Ramadhan 1445 H diprediksi jatuh pada 12 Maret 2024. Tak hanya itu, berdasarkan BRIN puasa juga jatuh pada tanggal tersebut, hal ini berdasarkan pada kesepakatan Menteri Agama dari Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, sebagaimana dijelaskan oleh Prof Thomas Djamaluddin selaku.Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Astronomi BRIN.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: kemenag.go.id BRIN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x