Hari Air Sedunia 2024, Mengangkat Tema Memanfaatkan Air untuk Perdamaian

- 23 Maret 2024, 21:03 WIB
Water for Peace/unwater.org/
Water for Peace/unwater.org/ /

GALAMEDIANEWS – Hari Jumat kemarin, tanggal 22 Maret 2024 merupakan peringatan Hari Air Sedunia. Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah hari yang diperingati sebagai bentuk upaya untuk menarik perhatian publik masyarakat dunia mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan.

Peringatan Hari Air Sedunia tercetus pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Sidang tersebut mendapat respon positif dari Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia.

Setiap tahunnya, UN-Water menetapkan tema Hari Air Sedunia. Pada tahun 2023, fokusnya adalah pada Percepatan Perubahan. UN-Water adalah mekanisme antar lembaga yang mengkoordinasikan upaya entitas PBB dan organisasi internasional yang menangani masalah air.

Tahun 1993 merupakan peringatan tahunan PBB yang berfokus pada pentingnya air tawar. Tema tahun 2024 mengambil tema Memanfaatkan Air untuk Perdamaian. Setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda-beda disesuaikan dengan isu yang sedang dialami oleh dunia.

Baca Juga: Hari Air Terjun Internasional 16 Juni 2023: Sejarah dan Peristiwa Pentingnya

Perayaan Hari Air Sedunia ini mengingatkan akan kesadaran terhadap 2,2 miliar orang yang hidup tanpa akses terhadap air bersih. Hal ini tentang mengambil tindakan untuk mengatasi krisis air global. Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu air dan sanitasi untuk dapat dirasakan oleh semua masyarakat pada tahun 2030.

Pesan utama dalam perayaan Hari Air Sedunia 2024, adalah:

1. Air dapat menjadi alat perdamaian ketika masyarakat dan negara bekerja sama dalam memanfaatkan sumber daya bersama yang berharga ini.

2. Air juga dapat memicu dan memperparah konflik ketika akses tidak diberikan dan penggunaan dibagi secara tidak adil.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: unwater.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x