Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Pulang Mudik Bukan Ajang Balap

- 25 Maret 2024, 14:35 WIB
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika /Tangkapanlayar Instagram @humas_poldalampung/

GALAMEDIANEWS - Mudik diartikan sebagai kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024. Semua daerah yang menjadi destinasi pemudik harus bersiap siaga menyambut dan mengantisipasi kesiapan segala dalam fasilitas. 

Polda Lampung memprediksi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dalam arus mudik Lebaran 2024 akan meningkat. Tren penggunaan kendaraan pribadi terus meningkat, berdasarkan pada pengalaman dua arus mudik sebelumnya.

Polda Lampung mempunyai catatan data yang menunjukan bahwasanya para pemudik lebih memilih menggunakan transportasinya sendiri, baik mobil atau motor pribadi sebagai kepergiannya untuk pulang kampung. 

Baca Juga: Bawa Banyak Barang saat Mudik? Begini 5 Tips Susun Barang agar Tak Berdesakan dan Muat Banyak di Bagasi

Irjen Pol Helmy Santika menekankan pentingnya keselamatan selama perjalanan mudik, karena tidak sedikit para pemudik yang pulang ke kampung, tidak memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Sebaiknya diperhatikan lagi kondisi kendaraan yang kurang sehat, dan  taati rambu-rambu lalu lintas.

Walaupun rasa rindu untuk bertemu keluarga di kampung sangat besar, disarankan agar pemudik tidak terburu-buru atau berkendara dengan kecepatan tinggi, karena mengingat perjalanan tersebut bukan ajang balap.

“Mudik adalah momen silaturahmi dan perayaan Lebaran di kampung halaman, bukan saat untuk meniru aksi dalam film Fast & Furious,” katanya pada hari Jumat 22 Maret 2024.

Baca Juga: Mencegah Terjadinya Padat Mudik Lebaran 2024, Korlantas Dirikan Pos Pantau di Titik Krusial

Kapolda bermaksud agar pengendara mudik menjaga laju kecepatan kendaraan, menjaga kondisi tubuh dan di himbau agar para pemudik mempersiapkan kesehatan kendaraan secara menyeluruh sebelum keberangkatan. Dengan melakukan pemeriksaan mendetail, agar selamat sampai tujuan, juga guna menghindari kendala di perjalanan.

Melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum mudik merupakan tindakan preventif  yang sangat penting untuk mengurangi resiko kecelakaan yang fatal.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: korlantas.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x