Pemuda Sapu Bersih Hoaks Gelar Rotasi Ramadhan, Bahas Bahaya Radikalisme

- 27 Maret 2024, 19:10 WIB
Kegiatan Ruang Obrolan Terbuka Asyik di Bulan Ramadhan (Rotasi Ramadhan) yang diinisiasi Pemuda Sapu Bersih Hoaks di Angkringan Rumah Kayu Citarum, Rabu 27 Maret 2024, diikuti puluhan pemuda dari berbagai komunitas dan mahasiswa.
Kegiatan Ruang Obrolan Terbuka Asyik di Bulan Ramadhan (Rotasi Ramadhan) yang diinisiasi Pemuda Sapu Bersih Hoaks di Angkringan Rumah Kayu Citarum, Rabu 27 Maret 2024, diikuti puluhan pemuda dari berbagai komunitas dan mahasiswa. /

GALAMEDIANEWS - Puluhan pemuda dari sejumlah komunitas dan mahasiswa antusias mengikuti kegiatan Ruang Obrolan Terbuka Asyik di Bulan Ramadhan (Rotasi Ramadhan).

Kegiatan yang diinisiasi Pemuda Sapu Bersih Hoaks tersebut berlangsung di Angkringan Rumah Kayu Citarum, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu 27 Maret 2024.

Kegiatan Rotasi Ramadhan season 2 tersebut mengangkat tema soal radikalisme yang dikemas dengan Ngaso Bari Sila (Ngawangkong Soal Bahaya Radikalisme dan Situasi Wilayah).

Baca Juga: 45 Pengacara Masuk Tim Pembela Prabowo-Gibran di MK Hadapi Gugatan Anies dan Ganjar

Ketua pelaksana kegiatan, Ikrima Qolbiyah berharap kegiatan tersebut jadi ajang untuk sama-sama menolak paham radikalisme dan memiliki waspada tersendiri dalam hal isu situasi wilayah.

"Menghadapi era digitalisasi akan maraknya isu-isu informasi dalam bahaya radikalisme, menjadi refleksi bersama bagi para pemuda sebagai generasi bangsa di lingkungan masyarakat. Sebab perlu adanya peningkatan rasa sadar dan daya nalar dalam menepis segala marabahaya radikalisme dan informasi yang belum tervalidasi kebenarannya," katanya usai kegiatan.

Kegiatan Rotasi Ramadhan yang diadakan Pemuda Sapu Bersih Hoaks.
Kegiatan Rotasi Ramadhan yang diadakan Pemuda Sapu Bersih Hoaks.

Dituturkan Ikrima, peran pemuda untuk menangkal radikalisme di era digitalisasi, menjadi garda terdepan. Dalam hal konkretnya, adalah saring sebelum sharing terhadap informasi, mengaktifkan ruang diskusi penambah nutrisi wawasan sebagai bentuk pengawasan di lingkup pemuda dan tetap waspada diri.

Baca Juga: Anies Baswedan Kritisi Intervensi Aparat Daerah hingga Bansos dalam Sidang Gugatan di MK

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x