Kakorlantas Ingatkan Ini Jika Pengemudi Lelah dalam Perjalanan

- 11 April 2024, 18:16 WIB
Ilustrasi pengemudi diimbau istirahan sejenak jika lelah dalam perjalanan.
Ilustrasi pengemudi diimbau istirahan sejenak jika lelah dalam perjalanan. /pexels.com/Airam Dato-on/

 

GALAMEDIANEWS - Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas saat mudik ke kampung halaman, Pengendara diimbau untuk tidak memaksakan berkendaraan jika lelah.

"Kalau lelah, silakan berhenti. Tidak harus dipaksakan sehingga tidak berakibat fatal, seperti kecelakaan," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, Kamis 11 April 2024.

Menurutnya, untuk pemudik yang menggunakan jalan tol, pengemudi yang lelah dipersilahkan beristirahat di tempat istirahat yang sudah disediakan.

Baca Juga: Jalur Lembang Mulai Terjadi Kepadatan Arus Lalu Lintas, Ini Penyebabnya

"Kalau tempat istirahat di jalan tol penuh, bisa keluar sebentar ke jalan arteri untuk beristirahat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Tidak itu saja, Aan mengimbau para pengusaha bus untuk menyiapkan sopir cadangan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Pengemudi mobil maupun bus diimbau untuk beristirahat setiap empat jam menyetir.

Menurutnya, istirahat sekitar 30 menit dinilai sudah cukup untuk menyegarkan pengemudi yang akan melanjutkan perjalanan. "Setelah segar bisa jalan kembali. Ini penting untuk menjaga kondisi fisik para pemudik," katanya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x