Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, KPU Siapkan 61.857 Petugas KPPS dan Pam di TPS

- 6 Oktober 2020, 19:54 WIB
/

GALAMEDIA - Sebanyak 61.857 anggota  kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ditambah petugas pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) yang bertugas di 6.873 TPS se-Kabupaten Bandung yang akan disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung. Mereka disiapkan KPU pada pelaksanaan Pilkada Bandung 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk persiapan petugas KPPS dan Pam TPS itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung sudah mengumumkan rekrutmen para calon petugas tersebut sejak 1 sampai 6 Oktober 2020.

Demikian diungkapkan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten  Bandung Supriatna kepada Galamedia di Kantor KPU Kabupaten Bandung di Soreang, Selasa 6 Oktober 2020.

Baca Juga: Tak Setuju Soal Wawancara Bangku Kosong, dr Tirta Siap Jadi Tameng Terdepan Najwa Shihab

"KPU Kabupaten Bandung sudah mengumumkan rekrutmen para calon petugas KPPS tersebut sejak 1 sampai 6 Oktober lalu," kata Supriatna. 

Menurutnya, puluhan ribu petugas KPPS yang akan disiapkan untuk melaksanakan tugas di setiap TPS itu, sebanyak 48.111 petugas KPPS dari masing-masing TPS sebanyak 7 petugas KPPS. Sedangkan petugas Pam di TPS, masing-masing TPS dua orang dan totalnya yang dibutuhkan 13.746 petugas. 

"Untuk diketahui oleh para calon petugas KPPS dan Pam TPS, persyaratan untuk menjadi petugas KPPS hampir sama dengan persyaratan waktu pelaksanaan pada Pileg maupun Pilpres kemarin. Hanya saja di masa pandemi Covid-19 ini, ada sedikit perbedaan yaitu terkait usia para calon petugas KPPS minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun. Serta mereka wajib mengikuti  rapid test Covid-19," jelasnya. 

Baca Juga: Menakut-nakuti Kepala Dinas PUPR dengan Ular Sanca untuk Kinta Proyek, Juhe Malah Dikerangken Polres

Supriatna mengungkapkan jika hasil rapid test menunjukkan reaktif Covid-19, orang yang bersangkutan harus langsung diganti oleh calon KPPS yang lain. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x