Biodynamics Sebagai Metode Pertanian Sistem Kalender Modern

- 23 Mei 2024, 13:42 WIB
Praktek fermentasi Kohe pada Tanduk Sapi dalam Biodynamics Preparation./Galamedianews/Veronika NK
Praktek fermentasi Kohe pada Tanduk Sapi dalam Biodynamics Preparation./Galamedianews/Veronika NK /

 

GALAMEDIANEWS - Roemah Planet dan Eco Camp Bandung memperkenalkan metode pertanian Biodynamics pada pelatihan Biodynamics Preparation, Kamis 23 Mei 2024.

Biodynamics merupakan metode bertani alami pertama yang lahir setelah Perang Dunia 1. Rudolf Steiner memperkenalkan metode alternatif bertani ini pada tahun 1924.

Biodynamics bertujuan untuk menyelaraskan sistem pertanian dengan lingkungan. Agar dapat membangun tanah yang sehat sehingga bisa memproduksi tanaman yang sehat, dan menjadi makanan yang sehat, serta memberikan vitalitas pada manusia untuk menjalankan perannya dalam ekosistem bumi.

Bersama Suster Kristiana Sgm, dan Krisnandito sebagai praktisi Biodynamics, sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan pembuatan Biodynamics Preparation bertempat di Integrated Farming Jalan Dago Pakar Bandung.

Baca Juga: Partai Nasdem dan Demokrat Siap Koalisi Usung Sekda Cimahi jadi Calon Wali Kota di Pilkada 2024, Ini Alasannya

Biodynamic Preparation adalah persiapan aplikasi herbal dan mineral untuk meningkatkan kesuburan tanah, menstimulasi pertumbuhan tanaman, dan meningkatkan vitalitas hasil pertanian.

Metode pertanian alternatif ini merupakan sistem bertani yang mengoptimalkan sistem pertanian organik dan sistem permakultur atau sistem pertanian berkelanjutan yang memakai metode kalender tanam.

Biodynamics Preparation merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan media tanam dengan alami sebelum melakukan penanaman yang mengikuti teknik penanggalan matahari, bulan, bintang dan bumi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah