Susul Ridwan Kamil, Sri Sultan Janji Kirim Surat Cinta Teruntuk Jokowi Soal Omnibus Law plus BLT

- 8 Oktober 2020, 18:49 WIB
Sultan sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono.
Sultan sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono. /Antara


GALAMEDIA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berjanji kepada perwakilan buruh untuk menyampaikan "surat cinta" terkait UU Cipta Kerja kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya sanggupi dengan surat yang akan ditandatangani gubernur sebagai respons dari aspirasi mereka," kata Sultan HB X sesuai menerima perwakilan buruh di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, seperti dilansir Antara, Kamis 8 Oktober 2020.

Menurut Sultan, sebelum perwakilan buruh menemuinya, majelis perwakilan buruh di DIY telah mengirimkan surat berisi sejumlah aspirasi mereka.

Baca Juga: Surat Cinta Kang Emil Heboh, Ridwan Kamil Tujukan Teruntuk Terkasih Presiden Jokowi dan DPR RI

Selain merespons UU Cipta Kerja, sejumlah hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu, menurut Sultan, menyangkut bantuan langsung tunai (BLT) yang belum diterima sebagian buruh.

Selanjutnya soal peningkatan kesejahteraan para buruh di DIY melalui aktivitas-aktivitas korporasi yang memungkinkan untuk dipenuhi oleh perusahaan.

"Hal-hal seperti ini sebagai aspirasi yang bisa saya fasilitasi," kata Sultan.

Seperti diwartakan, aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law oleh berbagai elemen buruh, mahasiswa, serta pelajar berlangsung di Yogyakarta, Kamis, mulai dari di Bundaran UGM menuju DPRD DIY.

Baca Juga: Ridwan Kamil Janji Surati Presiden Jokowi, Demo Omnibus Law Cipta Kerja di Bandung Kembali Rusuh

Aksi ini sebagai salah satu bentuk respons terhadap pengesahan RUU Cipta Kerja--kini sudah menjadi UU Cipta Kerja--pada rapat sidang paripurna DPR di gedung parlemen, 5 Oktober 2020.

Berdasarkan informasi di akun Instagram @gejayanmemanggil, massa melakukan long march dari Bundaran UGM hingga Kantor DPRD Yogyakarta.

Dalam keterangan di akun Instagram @gejayanmemanggil, aksi hari ini menyerukan "Mosi Tidak Percaya: Turunkan Jokowi - Ma'ruf, Cabut UU Cipta Kerja, Bubarkan DPR, dan Bangun Dewan Rakyat!".

Baca Juga: Verifikasi Akun ShopeePay, Ada Fitur Tambahan dan Promo Lainnya

Mengutip akun tersebut, Aliansi Rakyat Bergerak menuliskan tajuk aksi ini bukanlah tuntutan kepada perangkat negara.

"Ini merupakan sebentuk seruan yang kami tujukan pada sidang para pembaca yang budiman untuk mendeligitimasi intervensi negara atas kehidupan sipil--yang mana adalah kita semua," tulis Aliansi Rakyat Bergerak.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA NTB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x