Ratusan Warga Tasikmalaya Keracunan Makanan Ulang Tahun

- 9 Oktober 2020, 21:03 WIB
Keracunan makanan
Keracunan makanan /Septian Danardi/

GALAMEDIA - Jumlah korban keracunan yang diduga dari makanan yang dikonsumsi warga terus bertambah. Warga Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, yang menjadi korban kini jumlahnya menjadi 197 orang.

Korban diduga keracunan makanan yang berasal dari makanan yang dibagikan pada acara ulang tahun, Rabu 7 Oktober 2020 lalu dan warga mulai merasakan gejala keracunan, Kamis 8 Oktober 2020 dini hari.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Titie Purwaningsari menyebut, korban bisa terus bertambah karena kondisi cuaca. Dari jumlah tersebut diantaranya 83 orang laki-laki dan 114 perempuan.

Baca Juga: Ini Dia 9 Bioskop yang Diizinkan Beroperasi di Kota Bandung Dimasa AKB

Sedangkan untuk kelompok umur yaitu balita sebanyak 25 orang, anak-anak sebanyak 56 orang, dewasa sebanyak 98 orang dan lansia sebanyak 18 orang.

"Korban sudah mendapatkan penanganan medis. Untuk tingkat gejala sakit sebagian besar sakit ringan yakni sebanyak 119 orang. Adapun sakit sedang sebanyak 59 orang dan sakit berat sebanyak 19 orang," katanya, Jumat 9 Oktober 2020.

Dikatakannya, dalam kasus keracunan massal ini penambahan kasusnya tidak pernah bisa diduga. Sementara korban selain dirawat di Puskesmas Mangkubumi, ada juga di layanan kesehatan terdekat lainnya yang ikut menampung pasien.

Baca Juga: Ngga Ngaruh Mau Mini Lockdown, PSBM atau PSBB, Kasus Positifnya Masih Cukup Tinggi di Cimahi

"Dalam arti masyarakat tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Setelah kita kumpulkan secara keseluruhan sampai saat ini jumlah pasien sebanyak 195 orang dan 112 orang diantaranya sudah sembuh," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x