Walhi Minta Pemkot Bandung Jangan Diam, Segera Lakukan Mitigasi Bencana Sedini Mungkin

- 14 Oktober 2020, 19:35 WIB
ILUSTRASI bencana angin kencang.*
ILUSTRASI bencana angin kencang.* /PIXABAY

GALAMEDIA - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat meminta Pemkot Bandung untuk melakukan mitigasi bencana sedini mungkin.

Langkah itu menurut Walhi perlu dilakukan sebagai bentuk antisipasi potensi bencana hidrometeorologi yang diumumkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat

Seperti diketahui, wilayah Kota Bandung menjadi salah dari 12 daerah di Jawa Barat yang berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi. Di antaranya musibah banjir dan longsor yang kerap terjadi saat musim penghujan tiba.

Baca Juga: Jawa Barat Diusulkan Jadi Provinsi Sunda, Ridwan Kamil Ungkit Soal Cirebon dan Betawi

Direktur Eksekutif Walhi Jabar, Meiki W. Paendong mengatakan, selain mitigasi bencana, Pemkot Bandung juga harus mempublikasikan peta kawasan rawan bencana kepada masyarakat.

Sebagai bentuk antisipasi serta menumbuhkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat, terkait potensi bencana.

"Sebagai daerah yang termasuk dalam tingkat risiko bencana cukup tinggi, maka Pemerintah Kota Bandung harus mau membuka informasi kepada publik terkait peta rawan bencana di Kota Bandung," tutur Meiki, Rabu, 14 Oktober 2020.

Baca Juga: Habib Rizieq Diminta Cepat Pulang oleh Denny Siregar, Kalau Tidak...

Diakuinya dalam membuka peta informasi tersebut, akan ada faktor dilema. Tapi jika tidak dilakukan, maka dikhawatirkan akan memperparah situasi saat bencana terjadi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x