Unggul di Michigan dan Wisconsin, Joe Biden Makin Percaya Diri Menang Atas Donald Trump

- 5 November 2020, 11:45 WIB
Joe Biden (kiri) melawan Donald Trump (kanan) dalam pertarungannya untuk memenangkan Pilpres AS 2020.
Joe Biden (kiri) melawan Donald Trump (kanan) dalam pertarungannya untuk memenangkan Pilpres AS 2020. /Bloomberg

GALAMEDIA - Di Michigan dan Wisconsin, Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dipastikan akan mengantongi tambahan suara elektoral Pilpres AS 2020. Kemenangan ini juga membuat Biden kembali merebut dua negara bagian itu dari Donald Trump.

Menurut penghitungan yang dilaporkan oleh AFP, CNN, dan The New York Times, Rabu 4 November 2020 petang waktu Amerika Serikat, kemenangan Biden atas dua negara bagian itu menggenapi perolehan suara elektoralnya menjadi 264, hanya kurang 6 suara untuk memenangkan pilpres.

Di Michigan, Biden mengantongi 16 suara elektoral, setelah menang tipis dari Trump dengan perolehan 49,8 persen berbanding 48,6 persen.

Baca Juga: Soal UU Cipta Kerja, SBY: Harus Terus Gigih Memperjuangkan Kepentingan Rakyat

Capaian ini menjadi buah dari kerja keras Biden untuk kembali merebut Michigan, terutama masyarakat di kota besar seperti Detroit, yang pada 2016 lalu sempat memilih Trump.

Serupa dengan Michigan, seperti dilansirkan RRI, Wisconsin kembali memihak Demokrat dan memberikan 10 suara elektoral tambahan untuk Biden. Biden meraih 49,4 persen dibanding Trump dengan 48,8 persen.

Pada 2016, negara bagian ini berhasil dikuasai oleh Donald Trump yang sekaligus menjadi kandidat Republik pertama yang memenangkan negara bagian itu sejak 1984.

Baca Juga: 5 November: Gunung Merapi Kembali Erupsi Besar, Obama Jadi Presiden AS ke-44

Namun karakter Wisconsin yang menjadi "swing states", jadi peluang bagi siapa pun untuk memilih satu di antara dua capres yang berlaga.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x