Bagi-bagi Masker dan Handsanitizer di Acara Habieb Rizieq, Ini Alasan Satgas Penanganan Covid-19

- 15 November 2020, 12:07 WIB
Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Doni Sumargo.dok BNPB
Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Doni Sumargo.dok BNPB /BNPB/



GALAMEDIA - Kegiatan Maulid Nabi serta panitia perayaan pernikahan putri Rizieq Shihab dinilai tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Sebab dalam acara tersebut, banyak orang yang hadir abai pada prokes seperti jaga jarak, menggunakan masker dan lainnya. Hal itu sangat disayangkan.

Meski melanggar prokes, untuk menghindari dampak buruk pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19 memberikan bantuan berupa masker kain, masker medis dan handsanitizer.

Baca Juga: Dua Orang Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Jalan Tamansari Bandung

Bantuan diberikan ke pengelola dan panitia kegiatan agar mereka terhindar dari covid-19.

"Setelah beberapa hari terakhir, kita menyaksikan sejumlah aktivitas yang dihadiri oleh Habib Rizieq Shihab. Banyak sekali masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, tidak menjaga jarak dan banyak yang tidak menggunakan masker. Dan ini yang sangat kita sayangkan," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19, Doni Monardo di Jakarta, Sabtu 14 November 2020.

Doni juga seperti dilansirkan rri.co.id menekankan, sebelumnya setiap pakar dan pimpinan, baik di tingkat pusat maupun setiap daerah telah mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan covid-19.

Baca Juga: SBM ITB terapkan Virtual Reality, Tampilkan Avatar saat Syukuran Wisuda

Doni mengingatkan, covid-19 dapat menjadi mesin pembunuh bagi mereka yang masuk dalam kategori usia lanjut, maupun mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas.

Doni juga menjelaskan, pemberian bantuan tersebut adalah dilakukan untuk menegakkan aturan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 secara luas, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dia berharap, bantuan tersebut kemudian dapat digunakan sebagaimana mestinya sehingga penularan virus dapat dicegah.

Baca Juga: Rumah Sakit Covid-19 Dilalap Api, 10 Orang Tewas

"Oleh karenanya pemberian bantuan berupa masker dan juga handsanitizer kepada panitia bukan hanya untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan tersebut, tetapi juga bagian dari upaya untuk mengajak seluruh komponen yang ada di sekitarnya mau menggunakan masker," jelas Doni.

"Masker diberikan untuk dipakai," imbuhnya. ***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x