Galon Sekali Pakai Lebih Higienis dan Menguntungkan! Yuk Kita Buktikan

- 18 November 2020, 11:40 WIB
Gslon sekaki pake
Gslon sekaki pake /Klikdokter.com/

GALAMEDIA - Plastik jenis PET (Polyethylene terephthalate) yang biasa digunakan sebagai bahan baku botol plastik air minum kemasan (galon air minum) mudah didaur ulang, dan bernilai ekonomi tinggi.

Selain mengatasi masalah lingkungan, daur ulang plastik tersebut juga memberi dampak positif bagi sektor lain. Seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat yang berbasis pada prinsip ekonomi sirkular.

Demikian antara lain maklumat yang disampaikan dalam sebuah diskusi yang disampaikan secara virtual  bertajuk, “Waste Management untuk Mendukung Circular Economy.” Seminar virtual tersebut diprakarsai LSM Sahabat Daur Ulang, Selasa, 10 November 2020 lalu.

Baca Juga: Mencengangkan, Persalinan Sesar Naik Drastis Sejak Ada JKN, Padahal Begini Dampaknya Bagi Ibu

Seminar virtual diikuti para pihak berkompeten, antara lain; Dr. Alue Dohong (Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Dedi Mulyadi (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI), Firdaus Ali, Phd. (Dosen Tehnik Lingkungan UI), Henky Wibawa (Direktur Eksekutif Indonesia Packaging Federation), Novrizal Tahar (Direktur Pengelolaan Sampah, KLH), Christine Halim (Ketua Umum ADUPI), Darutama Emmanuel (Sekjen Sahabat Daur Ulang), dan Prispolly Lengkong (Ketua Ikatan Pemulung Indonesia).

“Plastik berbahan dasar PET banyak digunakan sebagai kemasan botol plastik air mineral. Hampir semua merek botol plastik air mineral. Kalau tidak salah ada juga galon sekali pakai yang menggunakan bahan PET dengan Kode Plastik Daur Ulang No.1. Plastik jenis ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan mudah didaur ulang,” terang Dhora Elvira, dari LSM Sahabat Daur Ulang.  

Baca Juga: Vanessa Angel Datang Sukarela, Hari Ini Mulai Menghuni Rutan Pondok Bambu

Ketua Ikatan Pemulung Indonesia, Prispo.lly Lengkong, menjelaskan, selama ini para pemulung memanfaatkan nilai ekonomis dari sampah yang mereka pungut. Menurutnya, plastik jenis PET merupakan primadona bagi para pemulung karena nilai ekonominya yang tinggi.

“Selain itu plastik jenis ini lebih mudah didapat,” katanya.  

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x